Mantap! Desa Cijambu Hasilkan 1,6 Ton Jeruk/bulan

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 23 September 2020 - 20:52 WIB

Mantap! Desa Cijambu Hasilkan 1,6 Ton Jeruk/bulan

Mantap! Desa Cijambu Hasilkan 1,6 Ton Jeruk/bulan — 2 tahun yang lalu


eRKSNews -- Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan Mengunjungi Kelompok Tani Lemon Sentosa Jaya Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Rabu (23/9/2020). 

Dalam Kunjungannya, Wakil Bupati Sumedang didampingi Kepala Dinas Pertanian Amim dan Forkopimcam Tanjungsari,  serta Anggota DPRD Kabupaten Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengapresiasi petani di Cijambu yang telah mengembangkan jeruk California.

"Jangan sampai untuk mengembangkannya membabad hutan dan mengganggu lingkungan karena untuk anak cucu kita ke depan," katanya.

Disebutkan Erwan, jeruk California ini sudah ditanam di tanah seluas 3,6 hektar, dan sudah  menghasilkan 2 ton per dua minggu.

"Kita kembangkan lebih maksimal lagi, karena masih banyak lahan tidur untuk pertanian. Yang pasti, jeruk California ini tidak kalah dengan daerah lain," kara Erwan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lemon Sentosa Jaya Dian Diawan mengatakan, ide budi daya jeruk ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa merusak lingkungan.

“Selain itu, juga mengajak para petani untuk ikut menjaga kesehatan dengan bertani yang alami dan menghasilkan dua kali lipat,” terangnya.

"Dari lahan 3,6 hektare, ditanam 4.320 pohon dan baru 1.200 pohon yang sudah bisa dipanen dengan hasil 400 kg per minggu atau 1,6 ton per bulan. Ini menghasilkan 30-40  juta, dan baru 29% dari total pohon yang ditanam, karena usianya variatif mulai dari 2 bulan sampai 1,5 tahun," katanya lagi.

Dian berharap pemerintah bisa memprioritaskan dukungan pemasaran, atau lebih terbuka ka arah hilir. (*)

#jeruk #jerukcalifornia #hektare #lahan #panen