Kapolres Sumedang Pimpin Evakuasi Korban Banjir Bandang di Cimanggung

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 18 December 2022 - 15:23 WIB

Kapolres Sumedang Pimpin Evakuasi Korban Banjir Bandang di Cimanggung — 2 bulan yang lalu


Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, S.H., S.I.K., melaksanakan evakuasi lokasi Banjir Bandang di wilayah Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung, Sumedang, Minggu (18/12/2022).

Banjir bandang tersebut terjadi pada hari Sabtu 17 Desember 2022 sekira pukul 16.00 wib yang diakibatkan karena adanya luapan sungai Cisurupan akibat intensitas hujan yang tinggi mengguyur wilayah tersebut.

Banjir bandang tersebut mengakibatkan 7 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak sedang dan 13 unit rumah rusak ringan, serta memaksa 127 KK untuk mengungsi.

Tim evakuasi yang dipimpin oleh Kapolres Sumedang, yang terdiri dari gabungan TNI/Polri, BNPB, dan relawan berhasil menemukan 3 (tiga) orang korban yang sempat dilaporkan hilang terbawa arus.

1 (satu) orang korban ditemukan dalam kondisi luka luka dan terendam lumpur langsung di larikan ke RS. AMC, 2 (dua) orang korban di temukan di sungai sekitar PT. Dwi Papuri dalam kondisi meninggal dunia.

Kapolres Sumedang melalui Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana menjelaskan bahwa saat ini Polres Sumedang bersama beberapa stakeholder terkait sedang melaksanakan evakuasi wilayah yang terimbas banjir bandang di Kecamatan Cimanggung.

“Kita terjunkan beberapa personil gabungan untuk melakukan pembersihan baik itu material lumpur maupun material lainnya yang terbawa banjir bandang kemarin,” Ujar Dedi.

“Kita sudah datakan berapa orang yang saat ini ada di pengungsian, untuk selanjutnya kita kirimkan bantuan logistik maupun selimut untuk membantu para korban di pengungsian,” Tambahnya.

“Kedepan kita akan melakukan evaluasi dan langkah langkah pencegahan agar kejadian ini tidak terulang lagi,” Pungkas Dedi.

#polressumedang #banjirbandang #Cimanggung #pencegahan #evakuasi #pengungsian #sumedang #erksfm #news-erks