Wisata Mini Lahuta Mulung Layung

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 25 December 2020 - 12:56 WIB

Wisata Mini Lahuta Mulung Layung — 2 tahun yang lalu


Mini Lahuta Mulung Layung yang berlokasi di Dusun Pangaroan, Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, Sumedang, memiliki keelokan alam yang layak dipromosikan sebagai destinasi wisata unggulan.

Salah satu keuninkannya, tempat wisata ini memiliki area wisata edukasi adat. Di dalamnya ada fasilitas permainan tradisional, seperti gatrik, engklek bentang, sorodot gaplok, dan galah.

Permainan tradisional merupakan bagian dari hasil kebudayaan, yang membawa karakteristik dan keunggulannya sendiri. 

Bila permainan modern lebih berkenaan dengan menang atau kalah, serta mengisi waktu luang, maka di masa lalu, permainan tradisional juga bisa dianggap sebagai persembahan, cermin soliditas, serta merefleksikan spirit dalam bekerja dan berkompetisi.

Pada permainan tradisional, terlihat bahwa dalam keragaman ada kesatuan, dan dalam persaingan ada tujuan yang ingin dicapai bersama.

Permainan tradisional pun lebih mengutamakan kebahagiaan ketimbang soal menang atau kalah. Selain itu, permainan tradisional bisa jadi media sangat lengkap bagi anak-anak, agar dapat mengenal budaya bangsanya sekaligus sebagai upaya menyiapkan mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Diyakini, kelak permainan tradisional bakal populer kembali sebagai media pembelajaran, di saat anak-anak merasakan kejenuhan bermain permainan modern, sekaligus mengangkatnya sebagai konsepsi nilai-nilai yang dibutuhkan sekarang ini. (*)

#wisata #tradisional #pemainan #Tanjungkerta #sumedang #erksfm #news-erks