Tertundanya Program Karena Covid-19

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Wednesday, 23 December 2020 - 07:51 WIB

Tertundanya Program Karena Covid-19 — 2 tahun yang lalu


Dalam kegiatan Rapat Evaluasi Program Kerja Tahun 2020 dan Rencana Program Kerja Tahun 2021, yang digelar Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Sumedang bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumedang, pada Senin, 21 Desember 2020, terungkap penyebab terhambatnya realisasi beberapa program.

Hal ini disampaikan Kabag Ekonomi Setda Maman Nurochman dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Susi Gantini, yang menyebutkan, beberapa program yang sudah direncanakan dari awal, dalam realisasinya ternyata gagal karena adanya Pandemi Covid-19.

Faktanya, kegagalan program karena terhadang pandemi terjadi di berbagai sektor. Namun, kondisi itu tak harus mematahkan semangat. Karenanya, spirit optimisme perlu tetap dipelihara.

Memang penting untuk membuat rencana, bahkan ketika rencana itu gagal. Maka, tak ada salahnya membuat perencanaan ulang dengan penambahan beberapa indikator, sebagai langkah penyesuaian secara proaktif.

Perencanaan terbaik adalah dengan mengimplementasikan teknik proactive coping, yang berarti berpikir antisipatif serta menyiapkan beberapa solusi kreatif untuk mengatasi kemungkinan munculnya kendala karena pandemi. (*)

#covid-19 #program #dekranasda #pandemi #sumedang #erksfm #news-erks