Sumedang Gaspol Vaksinasi!

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Wednesday, 28 July 2021 - 17:18 WIB

Sumedang Gaspol Vaksinasi! — 1 tahun yang lalu


SUMEDANG terus menggenjot capaian target vaksinasi Covid-19. Tak hanya lansia, kini vaksinasi menyasar hampir semua lapisan masyarakat.

Gaspol vaksinasi ini tak hanya di Sumedang, melainkan terjadi di semua daerah di Tanah Air, menyusul instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menargetkan capaian herd immunity atau kekebalan komunal pada Agustus 2021.

Kekebalan komunal ini akan berdampak positif terhadap geliat perekomian di masa pandemi.

Untuk itu, maka kecepatan vaksinasi harus terus dipacu, sehingga penyebaran covid bisa dibatasi secara signifikan.

Ada ribuan antibodi berbeda yang tinggal di dalam tubuh manusia. Tugasnya melindungi dari berbagai jenis penyakit yang sudah ada antibodinya. Saat terpapar virus asing untuk pertama kali, sistem imun membutuhkan waktu untuk merespons dan memproduksi antibodi baru buat melawan virus. 

Pada fase ini, seseorang rentan jatuh sakit. Seperti inilah gambaran keadaan tubuh orang dengan Covid-19. Tubuh mereka belum memiliki antibodi sebagai sistem pertahanan untuk melawan virus corona, sehingga saat terpapar, langsung sakit.

Umumnya, setelah pemberian satu atau dua dosis vaksin, seseorang akan lebih terlindungi dari penyakit tertentu selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup. WHO memperkirakan, vaksin menyelamatkan 2-3 juta jiwa setiap tahunnya.

Vaksinasi Covid-19 terpilih sebagai salah satu cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tapi, perlu diingat, tak ada vaksin yang memberikan perlindungan kesehatan hingga 100%. 

Tetap ada potensi tertular penyakit, namun efeknya tidak akan seberat bila tidak divaksin. Intinya, vaksin Covid-19 akan membentuk kekebalan tubuh, sehingga seseorang lebih tangguh saat terpapar virus corona.

Jika kita sudah divaksinasi, kemungkinan menularkan penyakit ke orang lain pun akan berkurang. Maka, mengikuti vaksinasi Covid-19, berarti tak hanya menyelamatkan diri sendiri, namun juga melindungi mereka yang rentan.

Satu hal yang perlu diingat, vaksin bukanlah obat pandemi, melainkan ikhtiar untuk membentengi diri dari efek virus penyebab Covid-19. Jadi, disiplin 5M tetap jadi keharusan. 

Yuk, ikut divaksin!

 

#vaksin #vaksinasi #covid-19 #pandemi #sumedang #erksfm #news-erks