Sinergitas 3 Pilar

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 01 January 2021 - 22:06 WIB

Sinergitas 3 Pilar — 2 tahun yang lalu


Linmas Kelurahan Cipameungpeuk digembleng wawasan tentang keamanan, ketertiban, dan penegakan disiplin Prokes Covid-19, bertempat di SDN Cipameungpeuk Kecamatan Sumedang Selatan, pada Selasa, 29 Desember 2020.

Dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, linmas memegang peranan krusial. Komponen ini jadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini karena akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Linmas juga merupakan bagian dari jajaran keamanan pertama yang terjun langsung ke masyarakat, jika terjadi masalah. Linmas biasanya akan membantu penyelesaiannya bersama Kepala Desa setempat. Kenakalan remaja, tindakan pencurian, perselisihan warga, hingga penanganan pertama terhadap bencana tak akan luput dari perhatian satlinmas, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014.

Mekanisme pembentukan dan pembinaan linmas mengacu pada pedoman hukum yang berlaku. Diharapkan, linmas dapat menjalankan peran dan tugasnya secara maksimal, terlebih di masa pandemi, dengan ambil peran dalam optimalisasi pelaksanaan protokol kesehatan. (*)

#linmas #masyarakat #kelurahan #desa #masalah #sumedang #erksfm #news-erks