Seleksi Panwascam Pemilu 2024

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 03 October 2022 - 05:49 WIB

Seleksi Panwascam Pemilu 2024 — 2 bulan yang lalu


Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumedang secara resmi menutup pendaftaran untuk seleksi calon panitia pengawas kecamatan atau panwascam akhir September 2022 lalu.

Minnatilah selaku Penanggungjawab kelompok Kerja pembentukan Panwascam Bawaslu Kabupaten Sumedang mengatakan, pendaftar anggota Panwascam kali ini sangat banyak, yakni mencapai 551 orang. Berkas pendaftaran dikirim melalui online dan ada juga yang melalui pos.

Salah seorang peserta pendaftar calon panwascam dari kecamatan Sumedang Utara Nuraeni Astuti mengatakan, motivasi dirinya mendaftarkan diri sebagai anggota panwascam agar tahu lebih banyak tentang politik dan demokrasi. 

Pemilu 2024 digelar secara serentak, yakni berbarengan dengan Pilkada dalam satu tahun. Dipastikan, penyelenggaraan pemilu serentak ini bakal menyibukkan tak hanya penyelenggara, tetapi juga seluruh stakeholder pemilu dan berbagai elemen masyarakat.

Untuk penyelenggaraan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Sumedang membutuhkan 3 orang anggota Panwas untuk setiap kecamatan, tetapi nyatanya pendaftar begitu membeludak, sehingga jauh melebihi kebutuhan.

Untuk itu perlu dilakukan seleksi cukup ketat, sehingga Bawaslu mendapatkan SDM yang betul-betul memenuhi kualifikasi sebagai pengawas, dengan tidak mengabaikan 30% kuota perempuan.

Banyaknya warga yang mendaftar sebagai calon pengawas pemilu patut diapresiasi. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme warga Sumedang terhadap politik dan demokrasi tergolong baik. 

Tentunya semua berharap, calon anggota Panwas yang lolos adalah mereka yang betul-betul memiliki integritas dan kapasitas kepemiluan yang memadai, sehingga mampu menjalankan fungsi pengawasan dengan baik. ***

#bawaslusumedang #panwascam #sumedang #erksfm #news-erks