Razia Prokes

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 01 January 2021 - 22:01 WIB

Razia Prokes — 2 tahun yang lalu


Tim gabungan dari Satpol PP Sumedang bersama TNI-Polri membentuk posko-posko di beberapa titik kerawanan, salah satunya bertempat di pos penanganan sanksi administratif terhadap pelanggaran tertib kesehatan di Jatinangor, pada Senin 28 Desember 2020.

Yan Mahal Rizzal, Kabid Penegakan Peraturan Perundangan-undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Sumedang menyebutkan, kegiatan ini dalam rangka Operasi Penegakan Disiplin Perbub Nomor 128 Tahun 2020.

Konsistensi pemerintah daerah dalam menegakkan aturan pengendalian COVID-19 memang dibutuhkan.  Terlebih, lonjakan kasus Covid-19 selalu terjadi pascaliburan.

Saat ini, aturan prokes memang belum dijalankan secara maksimal oleh warga. Tak sedikit orang yang melanggar prokes dengan alasan ekonomi. 

Sebetulnya, menaati aturan protokol kesehatan itu tidaklah sulit. Namun, untuk melakukannya secara konsisten dibutuhkan komitmen yang kuat. Selanjutnya, tinggal mengolahnya menjadi kesadaran dan komitmen kolektif.

Ikhtiar penegakan hukum memang penting, untuk menunjukkan bahwa wabah Covid-19 merupakan masalah nyata dan sangat serius. Dalam penerapannya, dibutuhkan koordinasi para pembuat kebijakan dan lintas sektor yang efektif, serta kebijakan yang sinkron. 

Jika kesadaran dan komitmen yang kuat sudah terbentuk, maka konsistensi ketaatan kolektif pun bisa tumbuh dengan sendirinya. (*)

#komitmen #razia #prokes #sinkron #hukum #sumedang #erksfm #news-erks