Perpustakaan Digital Sumedang: Belajar Sepanjang Hayat

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Wednesday, 09 December 2020 - 16:24 WIB

Perpustakaan Digital Sumedang: Belajar Sepanjang Hayat — 2 tahun yang lalu


Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Perpustakaan Digital di Gedung KORPRI sumedang, Senin (8/12/2020). 

Tahun 2020 ini, Dinas Arsip dan Perpustakaan mendapat dana bantuan dari provinsi untuk pengadaan perlengkapan perpustakaan.

Namun, karena situasinya masih pandemi Covid-19, maka perpustakaan digital dipilih sebagai salah satu alternatif.

Perpustakaan digital bertujuan memperluas akses informasi yang sudah dipublikasikan. Perpustakaan ini unggul dalam pengembangan informasi secara sistematis melalui format digital, sehingga lebih hemat dan efisien. Selain itu, juga memperbesar peluang belajar sepanjang hayat. 

Namun, bagaimana koleksi digital itu dimanfaatkan, sangat tergantung dari bagaimana informasi tersebut dibuat, diorganisasikan, dan disajikan.

Ada beberapa hal yang perlu jadi bahan perhatian, yakni kemampuan dan penentuan biaya. Terlebih infrastruktur komputer saat ini masih membutuhkan biaya besar.

Selain itu, perlu kehati-hatian berkenaan dengan 2 macam hak cipta, yakni hak cipta pada dokumen yang didigitalkan dan hak cipta pada dokumen di communication network. Secara yuridis, hak cipta transfer dokumen lewat jaringan komputer belum terdefinisikan secara jelas. Demikian pula dengan digitalisasi dokumen, baik dalam format full text maupun page image. (*)

#dokumen #perpustakaan #digital #digitalisasi #komputer #jaringan #sumedang #erksfm #news-erks