Penundaan Pembelajaran Tatap Muka

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Thursday, 24 December 2020 - 14:12 WIB

Penundaan Pembelajaran Tatap Muka — 2 tahun yang lalu


Pembelajaran tatap muka yang sudah direncanakan Dinas Pendidikan Sumedang pada Januari mendatang ditunda. 

Rencana tersebut perlu dikaji ulang, karena belakangan ini terjadi peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Sumedang. Demikian disampaikan Kadis Pendidikan Agus Wahidin, melalui Kabid Sarana dan Prasarana Eka Ganjar, pada Selasa 23 Desember 2020.

Menunda semua aktivitas atau kegiatan pembelajaran ketika terjadi situasi yang dapat mengancam keselamatan jiwa para pelajar, termasuk guru dan juga orangtua, adalah keputusan yang tepat.

Kalaupun kemudian dilakukan pembelajaran tatap muka, maka perlu ada evaluasi setiap minggunya. Perlu dipastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tatap muka tidak berdampak menimbulkan klaster Covid-19 baru. 

Setiap daerah, tak terkecuali Sumedang, harus memiliki straregi dalam mengatasi pandemi ini. Tetap mengkampanyekan protokol kesehatan 3M secara masif, dan meniadakan seluruh kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 

Virus Covid-19 bisa mengancam siapa saja tanpa kecuali. Oleh karenanya, risiko-risiko ini memang harus dijadikan pertimbangan para pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan. Keselamatan semua warga haruslah menjadi prioritas utama. (*)

#masif #sekolah #belajar #guru #pendidikan #sumedang #erksfm #news-erks