Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 18 December 2020 - 07:58 WIB

Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu — 2 tahun yang lalu


Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Sumedang, menggelar kegiatan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Kepala Desa, pada Minggu, 13 Desember 2020. Penjabat Kepala Desa Hegarmanah Agus Sobarna mengatakan, panitia ini dibentuk dan ditetapkan boleh BPD.

Terkait dengan tata cara pemilihan kepala desa antar waktu, maka rujuan kegiatan ini adalah Permendagri Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Dalam pemilihan kepala desa antar waktu, idealnya seluruh komponen ikut berpartisipasi, agar tercipta koordinasi maksimal, sehingga kelancaran dalam proses demokrasinya lebih terjamin.

Perlu menjadi perhatian adalah pentingnya netralitas aparat desa maupun aparat kecamatan, agar tidak terjadi keberpihakan, karena pemilihan kepala desa ini pun jadi salah satu penentu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Pemilihan kepala desa antar waktu ini merupakan solusi yang dijamin undang-undang untuk mengisi kekosongan roda pemerintahan di desa. Selain itu, bertujuan agar penggunaan dana desa bisa berjalan tepat sasaran sesuai ketentuan.

Terlebih, di Sumedang, pilkades serentak yang digelar pada Rabu, 16 Desember 2020, melibatkan 88 desa, sehingga berefek banyak desa harus melaksanakan pemilihan kepala desa antarwaktu, dengan masa jabatan satu tahun. (*)

#pilkades #antarwaktu #pemilihan #desa #sumedang #erksfm #news-erks