Optimalisasi Potensi Zakat di Sumedang

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Saturday, 14 November 2020 - 19:06 WIB

Optimalisasi Potensi Zakat di Sumedang — 2 tahun yang lalu


Baznas menyalurkan Bantuan Biaya Pendidikan dalam rangka realisasi pemberdayaan dana zakat, infak, dan sedekah Program Sumedang Cerdas, bertempat di Gedung Negara Sumedang.

Target bantuan ini adalah siswa siswi kurang mampu mulai tingkat SD hingga SMA. Selain itu, ada bantuan modal usaha bagi orang terdampak Covid-19, suplemen makanan bagi tenaga kesehatan (nakes), dan bantuan jasa klinik gratis, bekerjasama dengan klinik dan apotek.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, ini merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Baznas, berupa penyaluran bantuan zakat, infak, dan shodaqoh 1 miliar.

Dalam pandangan ilmu sosial, pemberian zakat dan infak sama artinya dengan membangun ikatan persaudaraan, menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, juga perasaan bersyukur.

Jika ditinjau dari perspektif ekonomi, dana zakat merupakan modal yang selalu tersedia dalam membangun perekonomian fakir miskin. Dana zakat bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi fakir miskin, namun telah berorientasi pada pemberdayaan masyarakat muslim kurang mampu.

Sudah selayaknya Sumedang memperhatikan potensi zakat dan infak secara lebih optimal, melalui berbagai cara yang lebih kreatif.

Perlu disadari bahwa dimensi sosial dan ekonomi yang dimiliki oleh amal ibadah zakat merupakan kombinasi yang tepat bagi pembangunan warga Sumedang secara fisik maupun mental. Dari sini kita semakin menyadari bahwa agama Islam membawa rahmat bagi seluruh alam. (*)

 

#zakat #infak #baznas #sumedang #erksfm #news-erks