Optimalisasi Peran BUMD

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Wednesday, 23 December 2020 - 07:58 WIB

Optimalisasi Peran BUMD — 2 tahun yang lalu


Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka sekaligus memberikan sambutan pada Kegiatan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah di Kabupaten Sumedang, bertempat di Aula Tampomas IPP Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, pada Selasa, 22 Desember 2020.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendorong pembangunan perekonomian daerah, terutama  untuk peningkatan peran serta Badan Usaha Milik Daerah.

Bupati berkeinginan BUMD bisa mencapai tujuannya dengan  menggerakkan ekonomi Kabupaten Sumedang, juga mampu memberikan pelayanan dan pemanfaatan umum, dengan tata kelola yang baik dan bisa menghasilkan profit bagi daerah

Agar mampu meraih tujuan, idealnya BUMD diisi oleh kaum profesional yang memiliki kompetensi memadai, dan memiliki konsistensi dalam mencari profit untuk mendongkrak PAD.

BUMD juga harus mampu mengatasi kelemahan internal dengan penetapan kembali core bisnis, likuidasi unit usaha yang selalu merugi, serta memperbaiki sistem manajemen dengan cara memperluas pangsa pasar.

Perluasan pangsa pasar ini dengan cara mempertahankan pasar lama dan mencari pasar baru, juga mengadopsi teknik produksi baru yang lebih efisien dan efektif.

Dan yang terakhir, untuk meraih capaian maksimal, koordinasi antar-BUMD dalam industri hulu dan hilir perlu dioptimalkan. Juga perlu mengelola peluang eksternal berupa kerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan sejenis atau yang ada keterkaitan. Bentuk kerja sama bisa berupa joint venture atau lainnya. (*)       

#bumd #kinerja #optimalisasi #pad #profit #sumedang #erksfm #news-erks