Mendongkrak Aktivitas Ekonomi Melalui Aplikasi Pasar Pintar

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 04 December 2020 - 21:31 WIB

Mendongkrak Aktivitas Ekonomi Melalui Aplikasi Pasar Pintar  — 2 tahun yang lalu


Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan peluncuran Aplikasi Pasar Pintar di  Pendopo Sekretariat Daerah di Kabupaten Sumedang, Rabu (2/12/2020).

Menurut pengembang aplikasi ini, kondisi pandemi membawa dampak terbatasnya pergerakan masyarakat, karena pemberlakukan sosial distancing dan physical distancing. 

Karenanya, aplikasi pasar pintar yang merupakan hasil pengembangan teknologi informasi diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi warga Sumedang sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi dan pemberdayaan UMKM.

Pasar pintar merupakan aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone, dan merupakan aplikasi untuk berbelanja secara online ke pasar tradisional.

Pasar teknologis ini merupakan gagasan kreatif sekaligus solutif, dan selaras dengan spirit Sumedang  yang tengah intens melakukan transformasi digital.

Pada hakikatnya, era industri 4.0 mendorong penggunaan teknologi digital dalam berbagai sektor industri dan ekonomi, bahkan menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk ikut memanfaatkan teknologi digital. 

Kita mungkin terkesima menyaksikan perusahaan start-up yang baru tumbuh 5 tahun terakhir, sudah menjadi unicorn, bahkan menjadi decacorn, mengalahkan perusahaan tradisional yang sudah beroperasi puluhan hingga ratusan tahun. Begitulah keunggulan bisnis digital, yang kerap mampu menyalip perkembangan aktivitas ekonomi konvensional. 

Selain pasar pintar dan beberapa aplikasi pelayanan lainnya, kini pengusaha Sumedang sudah ambil bagian dalam pengembangan start up, dan bisa dipastikan, hal ini bisa jadi bagian penyempurna Sumedang menuju smart city. (*)

#aplikasi #pasarpintar #pasar #ekonomi #bisnis #digital #sumedang #erksfm #news-erks