Kolaborasi UMKM dan Seni Tradisional, Kenapa Tidak?

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 20 November 2020 - 13:20 WIB

Kolaborasi UMKM dan Seni Tradisional, Kenapa Tidak? — 2 tahun yang lalu


Saat menghadiri pembukaan Gelar Produk UMKM se-Kabupaten Sumedang, di exit tol Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan melempar gagasan kreatif.

Menurutnya, alangkah baiknya jika gelar produk UMKM diwarnai performa seni tradisional khas Sumedang, mengingat Kabupaten Sumedang merupakan puser budaya sunda.

Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu daerah. Bahkan, dalam tataran peradaban dunia, seni tradisional merupakan investasi untuk membangun masa depan. 

Sumedang memiliki kuda renggong, tarawangsa, gembyung, celempung, beluk, bangreng, dan lain-lain. Keberagaman Kebudayaan daerah Sumedang ini merupakan kekayaan dan identitas yang sangat dibutuhkan untuk memajukan kebudayaan tengah dominasi perangkat digital. 

Seni tradisional ini juga merupakan ciri khas Sumedang yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga jika dikemas secara atraktif bisa saja membuat investor tertarik untuk menanamkan modalnya di Kota Tahu ini.

Memadukannya dengan geliat UMKM merupakan pilihan kreatif, karena bisa menimbulkan multiefek. Selain memasarkan produk UMKM, ini juga bisa sekaligus ‘memasarkan’ seni tradisional yang ujung-ujungnya berdampak positif pada sektor pariwisata Sumedang.

Dengan banyaknya ikhtiar Pemkab Sumedang untuk memajukan pariwisata, maka bisa diprediksi, di waktu mendatang, sektor ini akan menjadi salah satu primadona Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumedang. Terlebih, pekan ini, Raperda tentang Pariwisata disahkan menjadi Perda, sehingga mekanisme pengelolaannya semakin jelas.

Faktanya, guna mendukung pariwisata, ada banyak cara untuk melestarikan budaya lokal yang hidup dalam masyarakat. Memadukannya dengan promosi UMKM merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih. (*) 

#UMKM #Tradisional #pariwisata #tradisional #sumedang #erksfm #news-erks