Harapan Pasca-Pilkades 2020

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 25 December 2020 - 12:41 WIB

Harapan Pasca-Pilkades 2020 — 2 tahun yang lalu


Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melantik 88 kepala desa se-Kabupaten Sumedang secara simbolis, pada Rabu, 23 Desember 2020. Dony berharap para kades terpilih siap berinovasi dalam membangun desa. 

Dilantiknya para kades ini membawa harapan baru bagi warga. Setidaknya, kades terpilih harus mampu melaksanakan mandat warga untuk mewujudkan desa mandiri yang sejahtera.

Selain itu, sebagai pemimpin, kades juga idealnya bisa mendorong swadaya masyarakat. Undang-undang Desa menghendaki tumbuhnya partisipasi warga dalam menggerakkan roda ekonomi. Gerakan swadaya rakyat ditujukan untuk memupuk modal sosial sekaligus mendorong perubahan desa ke arah yang lebih baik. 

Kepala desa juga harus mampu memberikan dorongan dan dukungan terhadap sektor industri lokal, 

serta mampu memanfaatkan potensi desanya menjadi peluang usaha yang akan menggerakkan ekonomi di wilayahnya.

Pemimpin desa haruslah sosok progresif, inovatif dan kreatif, jujur, memiliki kompetensi,  berorientasi membangun desa sejahtera dan mandiri agar dapat berdaya guna dan mengalami kemajuan di sektor ekonomi, infrastruktur, sosial, serta budaya. 

Semua itu hanya dapat dicapai dengan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Prinsip-prinsip penerapan good governance yang berpedoman pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Desa (SAKIP Desa), akan memberikan kepercayaan dan kekuatan lokal masyarakat pada kepala desa. (*)

#desa #pilkades #pemilihan #SAKIP #sumedang #erksfm #news-erks