Efektivitas Embung untuk Antisipasi Banjir

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Monday, 05 September 2022 - 15:01 WIB

Efektivitas Embung untuk Antisipasi Banjir — 3 bulan yang lalu


Sekretaris daerah Kabupaten Sumedang menghadirkan seluruh tim gugus tugas Kawasan Perkotaan Jatinangor untuk membahas Banjir dampak dari pembangunan Jalan Tol, Bertempat di Aula Kantor Desa Cilayung kecamatan Jatinangor, awal September 2022.

Sekda Kabupaten Sumedang yang juga sebagai ketua Tim Koordinasi KPJ Herman Suryatman mengatakan ada 7 desa yang mengeluhkan  banjir jika memasuki musim penghujan.

Herman mengatakan dari ke 7 desa tersebut ada yang mengajukan pembuatan embung guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Jadi, dalam waktu dekat lokasinya akan disurvei apakah memungkinkan untuk dibangun embung .

Sobat erks, embung berguna untuk menampung air hujan yang kemudian bisa dialirkan pelan-pelan pada saat kondisi mulai normal. Dengan demikian risiko dampak banjir bisa diminimalkan.

Secara umum, keberadaan embung di daerah Sumedang belum begitu banyak dan belum signifikan. Karenanya, hujan dengan intensitas tinggi berpotensi memicu banjir.

Pemerintah Kabupaten Sumedang dan berbagai elemen masyarakat bisa saling bekerja sama untuk membuat lingkungan lebih baik lagi, salah satunya dengan memperbanyak embung.

Selain embung, pemerintah dan masyarakat sebaiknya memperbanyak penanaman tumbuhan yang bisa mereboisasi dan menyerap air. Apabila embung dan penanaman tersebut dilakukan, maka diyakini bencana banjir yang sempat melanda beberapa wilayah Sumedang sebelumnya, kini  bisa diatasi sebelum terjadi.

Alih fungsi lahan yang kerap terjadi di Sumedang jadi pemicu banjir, karena air tidak lagi memiliki tempat resapan saat musim penghujan tiba.

Mulanya air melimpah ke lahan pertanian atau kebun namun kemudian karena digunakan sebagai jalan dan bangunan, maka resapan air ke dalam tanah semakin minim.

Semua pihak perlu memperbanyak penanaman tumbuhan, terutama di daerah-daerah jalan air menuju ke sungai. Pada dasarnya semua tanaman bisa digunakan, tergantung jenis mana yang cocok untuk lokasi atau daerah jalan air. (*)

#embung #banjir #sumedang #erksfm #news-erks