Dukungan Alam Sumedang Bagi Penyelenggaraan Sport Tourism

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Saturday, 05 December 2020 - 08:44 WIB

Dukungan Alam Sumedang Bagi Penyelenggaraan Sport Tourism  — 2 tahun yang lalu


Bertempat di Gedung Negara, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Sekda Sumedang Herman Suryatman, menerima Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Pariwisata Komisi X DPR RI.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaefudian mengatakan, potensi wisata di Kabupaten Sumedang sudah dieksplor, dan salah satu yang menarik perhatiannya adalah sport tourism atau wisata olah raga. 

Pada dasarnya, sport tourism merupakan acara yang memadukan olahraga sekaligus bertujuan mempromosikan pariwisata suatu daerah. Dengan menggelar event besar, popularitas wisata daerah pun bisa terangkat.

Pada Oktober Tahun 2019  lalu, Sumedang menggelar sport tourism, yakni West Java Paragliding World Championship yang melibatkan sekitar 80 pilot dari 20 negara. Ajang tersebut akan dijadikan sarana untuk mempromosikan pariwisata Sumedang sebagai 'surga' paralayang internasional sekaligus destinasi kelas dunia.

Dari sisi penyelenggaraan, terdapat dua jenis sport tourism. Pertama, hard sport tourism, yakni event kompetisi yang diselenggarakan secara regular, ada juga soft sport tourism sebagai parisiwata olahraga yang berkaitan dengan unsur gaya hidup seperti lari, bersepeda, paragliding, hiking, dan rafting. 

Sumedang memiliki potensi alam yang menarik dan mumpuni untuk penyelenggaraan sport tourism, mulai dari pesawahan, perbukitan, pegunungan, sungai, hingga bendungan. 

Ke depannya, diharapkan Sumedang tak hanya menggelat event sport tourism kelas internasional untuk paragliding saja, melainkan bisa memperluas area ke cabang olah raga lainnya. (*) 

#destinasi #paragliding #world #sport #wisata #promosi #sumedang #erksfm #news-erks