Covid-19 Masih Ada

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Thursday, 31 December 2020 - 21:08 WIB

Covid-19 Masih Ada — 2 tahun yang lalu


Pemkab Sumedang bersama Forkopimda melakukan monitoring dan Jumpa Pers Pelaksanaan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 128 Tahun 2020, pada Sabtu, 26 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pandemi belum usai, dan Covid-19 masih ada. Untuk itu, pihaknya menetapkan kebijakan baru dalam bentuk penetapan revisi peraturan bupati, yakni mengenai pengenaan sanksi administratif bagi para pelanggar protokol kesehatan.

Untuk memberikan efek jera, kini pengenaannya langsung ke sanksi yang berat. Siapapun yang tidak mengenakan masker dan tidak jaga jarak, akan langsung didenda.

Penerapan sanksi administratif bagi pelanggar prokes memang lebih tepat dibanding sanksi pidana, karena pelanggaran jenis ini bukanlah kejahatan.

Sanksi administratif juga bisa dilaksanakan secara cepat, karena bisa langsung dieksekusi tanpa melalui persetujuan lembaga yudikatif. 

Selain itu, penerapan denda administratif memperlihatkan daya paksa suatu aturan terhadap warga, sehingga pasal-pasalnya bisa lebih efektif.

Diharapkan, peningkatan sanksi ini bisa berdampak positif terhadap tingkat kedisiplinan warga dalam melaksanakan prokes. (*)

#prokes #sanksi #protokol #kebijakan #sumedang #erksfm #news-erks