Bumdes Award

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 01 January 2021 - 22:10 WIB

Bumdes Award — 2 tahun yang lalu


Pemkab Sumedang menyerahkan penghargaan atau award bagi Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes berprestasi, pada Selasa, 29 Desember 2020.

Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan, penghargaan ini untuk memotivasi warga masyarakat dan menginspirasi Bumdes agar lebih inovatif, kreatif, dan siap menorehkan prestasi.

Badan usaha desa sangat erat kaitannya dengan masyarakat, karena melibatkan warga dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan, guna untuk mengembangkan perekonomian di desa. Potensi-potensi desa yang dikelola dengan baik akan menambah pendapatan pedesaan, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja. 

Dalam persepektif kemandirian ekonomi, Bumdes memiliki karakteristik kelembagaan yang rasional dan unik, yang berorientasi pada kepuasan dan keuntungan maksimal.

Soal optimalisasi kinerja Bumdes, Sumedang sudah mengimplementasikan padat karya tunai desa dan program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tujuannya, untuk memulihkan ketahanan ekonomi pedesaan di masa pandemi Covid-19.

Di tengah pandemi, Bumdes harus jeli, adaptatif, dan inovatif dalam memanfaatkan peluang yang ada, agar kegiatan ekonomi desa tetap terjaga.

Bumdes yang bisa bertahan selama pandemi Covid-19 tentunya yang bisa membaca dan memanfaatkan peluang sekarang ini.

Misalnya saja dengan memproduksi masker kain, Alat Pelindung Diri (APD) dan handsanitizer, juga budi daya jahe yang permintaan pasarnya saat ini cukup tinggi. (*)

#bumdes #inovatif #kreatif #desa #program #sumedang #erksfm #news-erks