Aplikasi E-Office Sumedang

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 25 December 2020 - 12:44 WIB

Aplikasi E-Office Sumedang — 2 tahun yang lalu


Bupati Sumedang menerima kunjungan Kerja Walikota Sukabumi, pada Rabu, 23 Desember 2020 bertempat di Gedung Negara. Dalam kesempatan itu, sekaligus dilakukan penandatanganan Hibah Aplikasi E-Office. 

Aplikasi E-office adalah suatu sistem administrasi yang secara virtual memusatkan komponen-komponen organisasi, di mana data, informasi dan komunikasi dirancang sedemikian rupa melalui jaringan.

Tujuan Pengembangan aplikasi E-Office pada kantor pemerintahan Kabupaten Sumedang adalah untuk menciptakan sistem yang mampu menjadikan berbagai pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat, ringkas, dan mudah, namun tetap terjaga validitasnya.

Hal itu tak terlepas dari upaya merealisasikan Sumedang Happy Digital Region. Bahkan kini, Pemkab Sumedang telah menerapkan aplikasi e-Office untuk seluruh tenaga strukturalnya.

E-Office di Sumedang, awalnya dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik), untuk meminimalkan penggunaan kertas dalam administrasi perkantoran, juga korespondensi surat-menyurat bagi pegawai struktural di Lingkungan Pemkab Sumedang.

Belakangan, E-Office milik Pemda Sumedang, khususnya penerapan tanda tangan digital bagi pegawai struktural, ternyata jadi pilot project bagi daerah-daerah lain.

Selain Kota Sukabumi, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Bandung pun pernah studi banding ke Sumedang untuk mendalami aplikasi e-office ini.

Langkah Sumedang untuk mewujudkan diri sebagai happy digital region, memang tidak main-main. Ke depan, bukan tidak mungkin muncul lagi aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa mempermudah kerja para pegawai. Sepanjang bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan dari sisi keamanan data, ikhtiar ini perlu didukung semua pihak. (*)

#Aplikasi #e-office #digital #region #virtual #sumedang #erksfm #news-erks