Angka Kemiskinan

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 01 January 2021 - 21:58 WIB

Angka Kemiskinan — 2 tahun yang lalu


Bappppeda Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan, bertempat di Hotel Hanjuang Hegar Cimalaka, pada Senin, 28 Desember 2020.

Kepala Bapppeda Kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati mengatakan, angka kemiskinan hasil rilis BPS, Kabupaten Sumedang naik 1,21, atau jadi 10,26 dari 9,05.

Dalam menanggulangi kemiskinan, selain mengoptimalkan penyaluran bansos dan mendorong pemberdayaan UMKM, juga bisa dibarengi dengan memberikan perhatian khusus pada sektor pertanian.

Bidang pertanian memang mengalami dampak pandemi paling minim jika dibandingkan sektor lainnya, walaupun masih ada risiko dari disrupsi rantai penawaran (supply chain) dan terpuruknya permintaan. 

Namun dari sudut pandang urgensi, pertanian adalah sektor penopang ketahanan pangan (food security) yang akan krusial di kala krisis ekonomi. Ini bukan sebatas masalah bertahan hidup tapi juga soal asupan gizi masyarakat.

Masa pandemi bisa jadi momentum pembuka  untuk merevitalisasi sektor pertanian. Pengujian sistem akan membantu mengindentifikasi titik-titik lemah untuk diperbaiki dalam konteks jangka panjang. Selain bisa jadi solusi untuk membebaskan diri dari kemiskinan, pertanian juga jadi bagian penting dari sistem penyediaan pangan, sekaligus jaring pengaman sosial (sosial safety net) alamiah. (*)

#kemiskinan #gizi #sektor #pertanian #sumedang #erksfm #news-erks