Aksi Tanam Pohon di Gunung Geulis

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 09 September 2022 - 22:12 WIB

Aksi Tanam Pohon di Gunung Geulis — 1 bulan yang lalu


SEBAGIAN lahan di kawasan  Gunung Geulis Kabupaten Sumedang dalam kondisi kritis. Untuk itu Perhutani Jawa Barat berupaya melakukan penanaman pohon di bawah kaki Gunung Geulis bersama Kepala Desa Jatiroke, Forum Gunung Geulis, dan Forkopimcam Jatinangor.

Kepala UPTD sertifikasi perbenihan Tanaman Hutan Wilayah IX Jawa Barat Dede mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Forum Gunung Geulis  guna melakukan “Program Jumat Menanam” ini.

Di tahun ini ditetapkan target menanam sebanyak 1 Juta pohon.

Ketua Forum Gunung Geulis Saefudin mengatakan, kegiatan ini adalah momen dari pemerintah untuk terus menerus melakukan penanaman pohon supaya lahan di Jawa Barat tidak kritis.

Kegiatan ini akan terus ditindaklanjuti pada musim hujan, karena lahan kritis di Gunung Geulis cukup luas, yakni mencapai 80 hektar, ditambah lahan kas desa yang juga kritis.

Tak hanya di Sumedang, program Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di lahan kritis ini dilakukan se- Jawa Barat, sampai tahun 2023, dengan target penanaman hingga 6 juta batang pohon.

Menyikapi lahan kritis yang ada di wilayah Sumedang, dinilai perlu adanya gerakan kampanye dan edukasi pada masyarakat luas, agar terus bersinergi dengan alam. Sudah waktunya kita berkonsolidasi dan memastikan diri untuk selalu bersahabat dengan lingkungan.

Marilah kita jaga alam, maka alam secara otomatis alam pun akan menjaga kita.

Penanaman pohon di lahan kritis bisa jadi solusi untuk menyehatkan lingkungan. Akan lebih baik penanaman itu dilakukan dengan memperhatikan pola tanamnya, sehingga lebih produktif dan mempunyai nilai ekonomis.

Dengan penanam pohon produktif secara otomatis akan ada nilai konservasi, ekonomis dan budaya. Bahkan, secara tidak langsung akan meningkatkan ketahanan pangan.

Kalau berdampak positif serta menghasilkan, maka hal ini mendorong masyarakat mau menanam pohon produktif sekaligus memeliharanya. Disitulah sisi positifnya, sehingga timbulnya kesadaran untuk ikut berpartisipasi.

Dengan gerakan tanam lahan kritis, maka bukan mustahil area Gunung Geulis di Sumedang dan lahan-lahan kritis di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat akan kembali hijau. 

Peribahasa lama mengatakan, hutan hejo rakyat ngejo. Artinya, jika ada peningkatan kualitas lingkungan, maka secara otomatis ketahanan pangan pun akan meningkat. (*)

#gununggeulis #gerakantanampohon #sumedang #erksfm #news-erks