3 Landasan Warung Pintar

Elsya Tri Ahaddini

 - 

Friday, 18 December 2020 - 16:50 WIB

3 Landasan Warung Pintar — 2 tahun yang lalu


Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali memberikan bantuan bagi pelaku UMKM dan Warung Pintar, yang diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Sumedang, di Pendopo IPP Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Senin, 14 Desember 2020.

Bantuan ini dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid 19, sekaligus untuk peningkatan kualitas kelembagaan koperasi syariah masjid besar kecamatan, berupa warung pintar.

Tujuan didirikannya Warung Pintar ini adalah untuk mendongkrak aktivitas ekonomi sekaligus meningkatkan kiprah produktif warga di tengah situasi pandemi Covid 19. 

Program warung pintar ini telah dijalankan beberapa lokasi, dilengkapi dengan kios beroda yang dilengkapi jaringan internet. Sedangkan barang yang dijual di warung tersebut merupakan kebutuhan masyarakat sehari hari. 

Pengelolaan warung pintar tidak terlepas dari modifikasi tiga landasan, yakni  teknologi internet of things (IoT), analisis big data, dan blockchain. 

Berbekal akses teknologi, pemilik warung punya peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis. Rantai usaha yakni pembelian barang, penjualan, hingga pengawasan warung, dipandu sistem digital yang serba praktis.

Untuk menambah stok barang, pengelola tak perlu lagi berbelanja ke pasar atau grosir. Cukup menggunakan aplikasi tertentu yang memungkinkan pengelola memesan secara online. Selanjutnya, barang diantar langsung ke warung.

Gagasan warung pintar memang pantas diapresiasi. Diharapkan, aktivitas usaha ini terus membesar, serta tidak melemah di tengah jalan. (*)

#warung #pintar #digital #rantai #usaha #sumedang #erksfm #news-erks