Warson: Bencana Longsor Jangan Terulang Lagi

Iwan Ingkig

 - 

Monday, 11 January 2021 - 22:52 WIB

Warson: Bencana Longsor Jangan Terulang Lagi

Warson: Bencana Longsor Jangan Terulang Lagi — 2 tahun yang lalu


Peristiwa bencana tanah longsor yang menimpa warga Perumahan Daud Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, menyita perhatian banyak pihak. Selain pemerintah pusat, juga anggota DPRD Kabupaten Sumedang.

Di antaranya adalah Ketua Komisi II Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sumedang, Warson Mawardi. Menurutnya, pada dasarnya kejadian ini dipicu ulah pengembang perumahan, karena banyak yang tidak sesuai dengan kodisi alam, sehingga terjadi longsor.

“Komisi dua harus lebih selektif lagi terhadap para pengembang, terutama perumahan yang ada di lereng gunung. Berdasarkan penelitian, banyak hal yang bisa menjadikan bahan pembelajaran dari peristiwa ini,” ungkapnya, Senin (11/1).

Ia berharap kejadian semacam ini jangan terulang kembali, terutama saat musim hujan tiba. 

“DPRD akan selalu melakukan pengawasan terhadap apa yang dilakukan dinas terkait. Efek dari kejadian ini, seharusnya ada sinergitas antara masyarakat dan pemerintah. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih bagi seluruh relawan dan stakeholder yang terlibat langsung dalam penanganan bencana ini,” paparnya.

Pihaknya berharap proses evakuasi bisa cepat dituntaskan, dan pemerintah harus segera mengevaluasi perijinan untuk kawasan pemukiman. (*)

#evakuasi #longsor #cimanggung #dprd #gerindra #sumedang #erksfm #news-erks