Warga Sekitar DAS Citarum Diminta Jadi Agen Informasi PHBS

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 16 October 2020 - 16:46 WIB

Warga Sekitar DAS Citarum Diminta Jadi Agen Informasi PHBS

Warga Sekitar DAS Citarum Diminta Jadi Agen Informasi PHBS — 2 tahun yang lalu


Warga di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum menghadiri kegiatan acara Focus Grup Discussion akselerasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya bagi warga yang tinggal di area Sungai Citarum. Acara ini diselenggarakan di GOR Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang pada Jumat (16/10).

Kegiatan acara Focus Grup Discussion ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meminta warga menjadi agen informasi PHBS untuk menjaga lingkungan Sungai Citarum.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan warga yang berada di sekitar aliran DAS Citarum di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Cimanggung, Jatinangor, Pamulihan, Sukasari dan Tanjungsari.  

Kegiatan tersebut merupakan dalam salah satu dari rangkaian program Citarum Harum. Acara ini juga diisi oleh beberapa narasumber dan pemateri yakni perwakilan Diskominfosanditik Sumedang serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten Sumedang.

Kasi Komunikasi Publik Diskominfo Jabar, Indah Dwianti mengatakan, kegiatan fokus diskusi akselerasi untuk PHBS ini bukan hanya khusus untuk wilayah Kabupaten Sumedang.

“Sebelumnya kegiatan ini juga dilaksanakan di Kabupaten Bandung, Karawang, Purwakarta, Cianjur dan terakhir sekarang ini di Sumedang,” ujar Indah kepada eRKS FM.

Namun, untuk kelanjutan dari program ini Indah masih belum bisa memastikan. Belum selesainya Wabah Covid 19 menjadi alasan utama pihaknya belum bisa memastikan kapan dan di mana akan berlanjut program akselerasi PHBS tersebut.

“Kami berencana pada Tahun 2021 akan berkeliling di beberapa titik DAS Citarum yakni, KBB, Bogor atau Bekasi (untuk melanjutkan program Focus Grup Discussion),” tambahnya.

Meski dilanda ketidakpastian akibat Wabah Covid-19, pihaknya tetap berharap kegiatan ini dihadiri oleh semua peserta sekaligus menjadi agen agar masyarakat lebih teredukasi mengenai pentingnya PHBS di kawasan sekitar sungai Citarum.

“Kami berharap semua acara yang akan berlangsung dihadiri oleh semua peserta dan menjadi Agen Informasi terkait PHBS dan DAS Citarum,” pungkasnya.

#Citarum #citarum-harum #tanjungsari #gudang #lingkungan-hidup #alam #diskominfo #erksfm #sumedang