Usung KKN Tematik Digital di Sumedang, Kades 6 Kecamatan Dikumpulkan

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 06 January 2023 - 13:52 WIB

Usung KKN Tematik Digital di Sumedang, Kades 6 Kecamatan Dikumpulkan

Usung KKN Tematik Digital di Sumedang, Kades 6 Kecamatan Dikumpulkan — 1 bulan yang lalu


Sebanyak 66 Kepala Desa (Kades) dari 6 Kecamatan di Kabupaten Sumedang berkumpul di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), pada Kamis (5/1/2023).

Mereka sengaja diundang sebagai persiapan menyambut para mahasiswa Universitas Sebelas April Sumedang (UNSAP) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Digital di wilayah mereka sebagai locus kegiatan.

Para peserta KKN tersebut akan disebar di enam Kecamatan itu yakni Kecamatan Cimalaka, Paseh, Tanjungkerta, Tanjungmedar, Rancakalong dan Pamulihan mulai tanggal 9 Januari sampai dengan 9 Februari 2023.

"Ada 965 mahasiswa tanggal 9 Januari akan kita turunkan ke desa-desa kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan Universitas Sebelas April Sumedang," ucap Sekda Herman Suryatman yang hadir memberikan arahan.

Sekda mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian antara Bupati Sumedang dan Rektor Unsap mengenai kerja sama di bidang pendidikan, khususnya pengabdian kepada masyarakat.

"Sebelumnya Pak Bupati dan Pak Rektor sudah agreement, ini merupakan tindak lanjutnya. Bagaimana KKN Unsap disesuaikan dengan kebutuhan kita," katanya.

Menurutnya, kebutuhan mendesak saat ini ialah meningkatkan literasi digital perangkat desa serta warga masyarakat.

"Jadi mahasiswa yang 965 ini sesuai program yang telah disiapkan fakultas masing-masing akan ke lapangan, tetapi ditambah literasi digital. Jadi mereka akan mendiseminasi dan mengedukasi warga tentang literasi digital," ungkap Sekda.

Diantara platform yang akan disosialisasikan oleh para mahasiswa KKN ialah aplikasi digital WA KEPO (WhatsApp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online).

"Aplikasi ini luar biyasa. Masyarakat bisa tahu harga sembako tiap hari ada di WA KEPO. Masyarakat bisa tahu tentang aplikasi apappun tentang Sumedang tinggal masuk di WA KEPO," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya pengetahuan digitalisasi masyarakat, diharapkan masyarakat tepat dalam mengambil keputusan dan tindakannya.

"Dengan masyarakat yang informatif, tahu informasi dan data, walaupun sederhana, insyaallah akan banyak membantu pengambilan keputusan di tingkat individu, keluarga lebih jauhnya di tingkat desa," ujarnya. 

#Kades #KKN #PPS #TematikDigital #UNSAP #WAKEPO #sumedang #erksfm #news-erks