Umat Muslim dari 5 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Cara Tak Biasa, Yuk Simak!

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 17 April 2023 - 12:56 WIB

Umat Muslim dari 5 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Cara Tak Biasa, Yuk Simak!

Umat Muslim dari 5 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Cara Tak Biasa, Yuk Simak! — 1 tahun yang lalu


Idul Fitri merupakan salah satu peringatan hari besar yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, perayaan Hari Raya Idul Fitri selalu dihiasi dengan berbagai jenis tradisi yang sangat menarik.

Sebagai negara dengan komunitas Islam terbesar di dunia, perayaan Idul Fitri di Indonesia selalu disambut dengan suka cita oleh semua orang. Bahkan imbas dari peringatan hari besar satu ini juga dirasakan oleh masyarakat non-muslim di sini.

Tak jarang, para tetangga non-muslim di lingkungan rumah kita juga turut menyediakan berbagai makanan dan jajanan khas Lebaran untuk menyambut tetangga muslim yang berkunjung ke rumahnya untuk bersilaturahmi.

Selain itu tradisi membeli baju baru dan bagi-bagi angpao Lebaran juga menjadi hal yang selalu dinantikan, khususnya oleh anak-anak. Jadi tak heran ya jika Idul Fitri membawa banyak keberkahan bagi semua orang.

Sementara itu, ternyata umat muslim di negara-negara lain memiliki tradisi dan cara yang berbeda dalam menyambut hari istimewa ini. Wah seperti apa ya tradisinya? Jika kalian ingin tahu lebih lanjut, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Turki

Umat muslim di negara Turki selalu menyajikan makanan khas berupa baklava dan Turkish delight yang untuk menambah kemanisan Hari Idul Fitri di negara tersebut. Dilansir dari BBC.co.uk, warga Turki akan memberikan bingkisan yang berisi makanan tersebut kepada keluarga, tetangga, dan teman.

2. Iceland

Dikutip dari Hindustantimes.com, perayaan Idul Fitri di negara Iceland dimulai dengan mengunjungi beberapa masjid yang terletak di kota Reykjavik. Para pengunjung membawa berbagai makanan khas dari seluruh dunia termasuk Indonesia hingga Mesir.

Sebagian besar makanan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak. Tidak lupa tradisi memakai baju baru juga melengkapi kemeriahan perayaan hari Idul Fitri di negara Iceland.

Selain itu para umat Muslim akan saling menebar kebaikan dan memberikan kado terbaik untuk para keluarga, teman, sahabat, dan kolega saat Hari Raya.

3. Iraq dan Saudi Arabia

Perayaan Hari Raya di negara Iraq dan Saudi Arabia selalu identik dengan mengonsumsi kurma. Buah tersebut sangat populer di negara tersebut dan selalu menjadi bagian baik selama bulan Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri.

Dikutip dari BBC.co.uk, orang-orang di dua negara tersebut akan membuat sebuah hidangan bernama Kleichas yaitu, semacam kue yang diberi isian dari campuran kacang dan kurma.

4. Pakistan

Persiapan menyambut Idul Fitri di negara Pakistan dimulai sejak dua minggu sebelum Hari Raya tiba. Setiap keluarga akan membersihkan rumah dan mendekorasi setiap bagian rumah. 

Dilansir dari Zameen.com, terdapat sebuah tradisi yang bernama Chand Raat dimana orang-orang akan memenuhi pasar untuk membeli baju baru dan aksesoris yang akan dikenakan saat Hari Raya tiba.

Tak lupa juga para wanita di Pakistan akan menghias tangan mereka dengan henna atau mehndi, berdandan cantik, dan memakai pakaian warna-warni untuk menyemarakkan perayaan tersebut.

5. Afrika

Menurut situs Zameen.com, sebagian besar umat muslim yang tinggal di negara-negara Afrika seperti Maroko, Mesir, Tunisia, hingga Afrika Selatan merayakan Hari Raya dengan sholat Idul Fitri di masjid dan berkumpul dengan anggota keluarga tercinta.

Mereka akan menyantap hidangan khas dari negara tersebut untuk sarapan. Anak-anak mendapat hadiah dan uang saku dari yang sanak saudara yang lebih tua, dan banyak orang yang mengunjungi sungai Nil untuk berwisata.

Nah, itulah berbagai tradisi dan cara unik umat muslim di berbagai negara dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri yang akan datang dalam waktu dekat ini. Menarik banget ya?

#5negara #Umatmuslim #Idulfitri #Caratakbiasa #sumedang #erksfm #news-erks