Uji Tanah di Sumedang, PT Petrokimia Gresik Berkolaborasi dengan CV Tunas Muda Perkasa

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 16 August 2022 - 15:59 WIB

Uji Tanah di Sumedang, PT Petrokimia Gresik Berkolaborasi dengan CV Tunas Muda Perkasa

Uji Tanah di Sumedang, PT Petrokimia Gresik Berkolaborasi dengan CV Tunas Muda Perkasa — 2 bulan yang lalu


PT Petrokimia Gresik, distributor utama pupuk nonsubsidi CV Tunas Muda Perkasa, dan tim mobil uji tanah bersinergi melakukan kegiatan layanan mobil uji tanah dan sosialisasi pupuk non subsidi dari PT Petrokimia Gresik seperti Sp 26, NPK Phonska plus, petrocas, dan petronitrat. 

Langkah ini sebagai salah satu upaya dalam mendukung program ketahanan pangan pemerintah di Kabupaten Sumedang, Jawa barat.

Menurut Dadan Hersamsie, PPD Petrokimia Gresik Kabupaten Sumedang, layanan mobil uji tanah berfungsi untuk menguji tingkat kesuburan tanah dan memberikan konsultasi pertanian secara gratis. 

“Petani cukup membawa sampel tanah dari lahan pertaniannya. Setelah melalui proses uji, dalam waktu singkat dapat mengetahui kandungan tanah sekaligus mendapatkan rekomendasi pemupukan berimbang,” kata Dadan, Selasa (16/8).

Selama ini, sambungnya, petani merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk maupun dosis yang akan digunakan. Hadirnya layanan ini akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Sementara itu, Dendi, anggota tim team uji tanah PT Petrokimia Gresik, mengungkapkan bahwa mobil uji tanah juga jadi sarana Petrokimia Gresik dalam membantu pemerintah mengedukasi petani dalam menerapkan pola pemupukan berimbang demi terwujudnya pertanian berkelanjutan. 

“Dalam dua hari ini kami sudah melakukan pengujian di beberapa kecamatan secara maraton, yakni di Kecamatan Sumedang Utara, Paseh, dan Rancakalong,” sebutnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan segera bergerak ke kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Sumedang.

Dendi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi besesar-besarnya pada seluruh jajaran UPTD Dinas Pertanian dan penyuluh kecamatan Paseh, Sumedang Utara, dan Rancakalong atas kolaborasi dan kerjasamanya.

“PT Petrokimia Gresik selalu siap berkolaborasi untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya. (*)

#PTPetrokimiaGresik #CVTunasMudaPerkasa #UPTDDinasPertanian #layananmobilujitanahdansosialisasipupuknonsubsidi #sumedang #erksfm #news-erks