TPS 3 R Ma'mur Cimarias: Satu Dusun Dua Pengambilan

Iwan Ingkig

 - 

Monday, 25 January 2021 - 15:12 WIB

TPS 3 R Ma'mur Cimarias: Satu Dusun Dua Pengambilan — 2 tahun yang lalu


Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (mengurangi, menggunakan, daur ulang) TPS 3 R Ma'mur Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, merupakan bagian dari realisasi Program Citarum Harum Tahun Anggaran 2020.

Tempat Pengelolaan Sampah 3R Ma'mur berlokasi di Dusun Sukaherang RT 07 RW 01 Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan. 

Saat ini, TPS tersebut sudah beroperasi dengan baik, sehingga warga sekitar yang tergabung dalam kelompok pemelihara, pengelola, dan pemanfaat, sangat mensyukuri kehadiran TPS 3R tersebut.

Ketua Kelompok Pemelihara Pengelola dan Pemanfaat TPS 3 R Ma'mur Desa Cimarias Olis Sumartini, mengapresiasi dibangunnya pengelolaan sampah ini.

“Alhamdulillah didukung Kades Cimarias. Sejauh ini baru satu dusun yang kita kelola, yakni RW 01 dan 02, dengan sistem pengambilan sampah seminggu dua kali,” katanya, Senin (25/1).

“Kami mempekerjakan 10 orang, guna memilah mana sampah organik dan anorganik. Untuk sampah organik, sementara hanya untuk dijual ke warga sekitar dulu,” sebutnya.

Untuk sampah anorganik, sambungnya, dijual ke pengepul, untuk keberlangsungan pengelolaan sampah ini. 

Olis berterimakasih pada Kepala Desa Cimarias yang selalu mendukung setiap kegiatan masyarakat.

Kepala Desa Cimarias Mamat Rohmat mengatakan, TPS ini dibangun bulan 10 Tahun 2020, dan saat ini dilaksanakan percobaan pengoperasian.

“Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Ke depannya mudah-mudahan penataan sampah lebih baik lagi, dan bisa memberikan penghasilan bagi yang mengerjakan, juga bagi masyarakat sekitar. Semoga nanti ada perhatian lagi dari pemerintah propinsi atau pusat, guna keberlangsungan pengelolaan sampah 3 R,” ungkapnya. (*)

#sampah #tps #desa #cimarias #sumedang #erksfm #news-erks