TPAS Cibeureum Kulon: Zonasi Sampah Prolingkungan

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 24 March 2021 - 05:32 WIB

TPAS Cibeureum Kulon: Zonasi Sampah Prolingkungan — 2 tahun yang lalu


Bertempat di TPAS Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan kunjungan kerja dan peletakan batu pertama Pembangunan Gapura Tempat Pembuangan Akhir Sampah Cibeureum, sekaligus penanaman pohon dan penyerahan makanan bagi warga di sekitar TPAS, Selasa (23/3).

Dony mengatakan, sebagian besar warga Sumedang membuang sampahnya ke TPAS ini.

“Lahan ini milik Pemda, luasnya 10 hektar. Karena pembangunan harus prolingkungan, harus berkelanjutan, maka harus didukung oleh pegiat peduli lingkungan,” katanya.

Dony minta penataan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) lebih baik lagi, apalagi Sumedang punya julukan 'Sumedang Kota Buludru' (kota paling bersih).

“Artinya, pengelolaan sampah dari hulu sampai hilirnya harus bagus. Dari hulu, sudah ada pengurangan sampah. Jadi, ada pemilahan sampah, penggunaan kembali, kemudian warga sadar tidak buang sampah sembarangan. Sehingga ada pengurangan sampah dari hilirnya, dan di akhir hanya sebagian saja yang masuk ke TPAS,” paparnya.

Kemudian, sambung Dony,  yang non organiknya akan dipres dulu, lalu dimasukkan ke tempat pembuangan, kemudian ditutup dengan tanah.

“Ini akan kami tata lagi, sampah kemana dulu zonanya, kemana dulu zonasinya. Jadi betul-betul tertata dengan baik, alur sampah masuknya seperti apa dan penataannya bagaimana sesuai dengan kaidah-kaidah lingkungan, sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan dan tertata dengan baik,” terangnya.

Kegiatan ini dihadiri jajaran dari Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang,  Dinas PUPR, Camat, Danramil, Polsek Cimalaka, Kades serta BPD Cibereum Kulon. (*)

 

#sampah #zonasi #sumedang #erksfm #news-erks