Tingkatkan Literasi dan RLS Diarpus Luncurkan Paket Geulis

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 23 June 2023 - 08:48 WIB

Tingkatkan Literasi dan RLS Diarpus Luncurkan Paket Geulis — 1 tahun yang lalu


Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sumedang meluncurkan program paket geulis dalam upaya meningkatkan literasi dan rata rata lama sekolah (RLS) di Sumedang.

Soft louching kegiatan tersebut digelar pada Rabu (21/6/2023) di Gedung Perpustakaam Daerah Lingkungan Pusat Pemerintahan Sumedang dengan dihadiri oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara mengatakan paket geulis ini merupakan akronim dari program Disarpus dalam upaya meningkatkan literasi dan RLS dengan mensinergiskan  PKBM dengan perpustakaan desa.

"Dalam kegiatan ini kami juga melibatkan pemerintahan desa sehingga untuk payung hukumnya kami juga melakukan MoU APDESI Sumedang," jelas Dian.

Ditambahkannya untuk kegiatan paket geulis ini sebagai tahap awal ada dua desa yang dijadikan model yaitu Desa Cijeler Kecamatan Situraja dan Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan.

Kedepannya semua desa dan kelurahan yang ada di Sumedang juga bisa melaksanakan program paket geulis tersebut.

Sementara itu Bupati H Dony Ahmad Munir yang hadir saat soft lounching menyambut baik program paket geulis yang diluncurkqn Dinas Arsip dan Perpustakaan.

Menurut bupati program ini sangat baik dimana berangkat  dari masalah masih rendahnya RLS Kabulaten Sumedang yang saat ini baru mencapai 8 artinya rata rata usia sekolah masyarakat Sumedang baru kelas 2 SMP.

Selain itu lanjut bupati adanya paket geulis yang disinergikan dengan perpustakaan desa juga diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat Sumedang dan budaya baca yang saat ini masih rendah.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengharapkan para pengelola perpustakaan desa dapat meningkatkan kompetensinya guna memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

#DinasArsipdanPerpustakaanKabupatenSumedang #programpaketgeulis #LiterasidanRLS #sumedang #erksfm #news-erks