Ternyata Tertawa Ada Manfaatnya Lho untuk Kesehatan, Cek Yuk!

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 17 September 2022 - 08:00 WIB

Ternyata Tertawa Ada Manfaatnya Lho untuk Kesehatan, Cek Yuk!

Ternyata Tertawa Ada Manfaatnya Lho untuk Kesehatan, Cek Yuk! — 2 bulan yang lalu


 Tertawa adalah sebuah ungkapan emosi ketika seseorang melihat atau merasa bahagia ataupun ceria (karena melihat sebuah kelucuan misalnya). 

Nah, tahukah kamu? kalau tertawa itu bisa mengundang banyak manfaat kesehatan. Ingin tahu lebih lanjut, yuk ikuti terus penjelasan berikut.

Di saat seseorang merasa bahagia atau gembira, biasanya ia akan mengungkapkannya dengan senyum ataupun tertawa. Melihat sebuah komedi baik itu secara langsung maupun lewat media juga bisa mengundang tertawa.

Berikut ini manfaat tertawa untuk kesehatan, yang telah dirangkum dari laman klikdokter.com.

1. Menstimulasi berbagai organ dalam tubuh

Ya, dengan tertawa, ini akan meningkatkan asupan udara kaya oksigen, yang juga akan memicu kerja jantung, paru, dan juga otot. Sehingga, dapat meningkatkan endorfin yang dilepas oleh otak. Nah, inilah yang membuat tertawa dapat menstimulasi organ-organ dalam tubuh.

2. Mengaktifkan dan melegakan respons terhadap stres

Tertawa lepas akan membuat seseorang meningkatkan respons stres, dan kemudian menurunkannya. Di waktu yang bersamaan, detak jantung juga akan meningkat dan langsung menurun seketika. Sehingga, muncul perasaan yang melegakan dan memberikan sensasi relaksasi.

3. Mengurangi ketegangan pada tubuh

Selain menstimulasi organ di dalam tubuh, tertawa juga dapat mengurangi ketegangan pada tubuh. Sirkulasi darah akan terstimulasi karena tertawa dan membantu merelaksasi otot. Sehingga, dapat mengurangi beberapa gejala fisik akibat stre sseperti ketegangan pada otot leher.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seseorang yang berpikiran negatif akan memicu reaksi kimia yang berbahaya bagi tubuh, seperti stres dan daya tahan tubuh menjadi turun. Nah, sebaliknya pikiran positif (seperti tertawa), protein yang dapat melawan stres dilepaskan.

5. Meningkatkan kepuasan pribadi

Ya, siapa sih yang tidak merasa puas setelah tertawa (jika maksud tertawanya itu baik ya). Misalnya nih, kamu sedang bahagia karena telah memenangkan kontes bernyanyi, kamu pun mengungkapkan perasaan bahagiamu dengan senyum dan tertawa. 

Di saat itu, suasana hati akan menjadi lebih baik dan lebih merasa puas dengan apa yang telah dicapai.

Dengan tertawa, kamu akan lebih mudah menghadapi situasi yang sulit, dan memberi kemudahan dalam berkoneksi dengan orang lain.

6. Meningkatkan suasana hati (mood)

Tentu, perasaan yang bahagia akan membuat mood menjadi lebih baik, seperti tertawa misalnya. Selain itu, jika ada orang terdekat kamu yang sedang depresi ataupun stres. 

Dan dengan tertawa yang kamu ucapkan, depresi dan rasa cemas pada orang tersebut pun bisa saja berkurang. Ia pun akan tertular untuk merasa bahagia.

Nah, itulah tadi manfaat tertawa yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental. Semoga bermanfaat.

#Manfaat #Tertawa #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks