Terlihat Menggemaskan, Ternyata 6 Hewan Ini Mematikan Lho

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 24 November 2022 - 08:00 WIB

Terlihat Menggemaskan, Ternyata 6 Hewan Ini Mematikan Lho

Terlihat Menggemaskan, Ternyata 6 Hewan Ini Mematikan Lho — 1 minggu yang lalu


Kita patut bersyukur bahwa alam Indonesia sangat kaya dengan beragam flora dan faunanya. Iklim tropis Indonesia yang tiap tahunnya rata-rata 28 derajat celcius, menjadi rumah bagi 2000 lebih spesies hewan. 

Spesies hewan ini rata menyebar di berbagai tempat di Indonesia, baik hewan mamalia, reptil, burung dan kupu-kupu. 

Karunia Tuhan yang begitu besar untuk negeri ini, terkadang membuat lalai dan lupa bahwa kita wajib menjaga serta melestarikan fauna-fauna tersebut agar tidak punah oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun hewan-hewan ini wajib kita jaga, terutama hewan-hewan yang dilindungi dan unik namun kita wajib mewaspadai jika bertemu mereka di alam liar atau kawasan konservasi. 

Alih-alih ingin melihat dari dekat karena mereka terlihat begitu menggemaskan, malah bisa melukai dan mengancam keselamatan kita.

Dilansir dari laman newverest, berikut 6 hewan yang terlihat menggemaskan tapi sebenarnya berbahaya dan bisa mematikan.

1. Kukang

Kukang atau Slow Loris merupakan spesies langka di Indonesia yang tersebar di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Kukang merupakan hewan sejenis primata bertubuh kecil dengan panjang 19-30 cm, dan berat kurang dari 1 kg. Sayangnya hewan unik dan menggemaskan ini populasinya makin menurun, seiring karena sering diburu untuk dipelihara atau diperjualbelikan secara ilegal. 

Disebut sebagai hewan menggemaskan namun berbahaya karena gigitannya dikenal sangat berbisa. Racun pada bisa Kukang dapat membunuh secara perlahan hewan predator yang mencoba memangsanya. Bisa ini juga digunakan Kukang untuk melindungi bayinya dengan cara menyapukan liur pada rambut anaknya, agar predator lain tak mendekat.

Buat kamu yang gemas sama hewan ini, sebaiknya urungkan niat untuk memegang atau bahkan mengelus karena Kukang secara reflek akan melakukan gigitan.

2. Beruang Kutub

Indonesia memang hanya mengenal 2 musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau. Berbeda dengan kebanyakan negara-negara di Eropa, Amerika dan sebagian wilayah Asia yang mengenal 4 musim, yakni musim panas, musim semi, musim gugur dan musim dingin yang bersalju. 

Terkhusus di wilayah kutub, musim es bersalju merupakan iklim 'abadi' yang akan terus berlangsung. Di tempat inilah menjadi rumah bagi hewan imut seperti beruang kutub. 

Kita orang Indonesia sangat mustahil untuk menemukan hewan ini di alam liar nusantara, terkecuali di kebun binatang di luar negeri. Namun perlu diwaspadai beruang kutub yang tampilannya terlihat menggemaskan ini, ternyata adalah hewan predator mematikan seperti beruang pada umumnya. Kukunya yang tajam, bisa mencabik mangsanya dalam waktu cepat. 

3. Anjing Laut Tutul

Anjing laut tutul atau Leopard Seal adalah spesies anjing laut yang paling berbahaya. Tampilannya yang licin dan imut, bisa menipu orang yang menyentuhnya karena hewan ini sangat agresif dan menggigit secara tiba-tiba. Meskipun satu gigitan tak membuat manusia terbunuh, namun luka gigitan hewan ini akan meninggalkan kerusakan permanen pada tubuh.

4. Panda

Gemuk, imut dan menggemaskan memang terlihat dari sosok hewan asal negeri Tiongkok ini. Hewan ini juga sukses diadaptasi menjadi karakter di film animasi berjudul " Kungfu Panda". Namun anda jangan coba-coba mendekat atau mencoba menyentuhnya, karena insting membunuhnya sangat tajam walau sudah dianggap jinak dan berada di area kebun binatang.

5. Lumba-lumba

Jangan berpikir lumba-lumba adalah mamalia laut yang mudah diajak bercanda jika anda bertemu mereka di habitat aslinya. Lumba-lumba yang berada di wahana permainan air biasanya sudah melalui proses penjinakkan dan pelatihan yang panjang dari para profesional. 

Di habitat aslinya yakni laut lepas, lumba-lumba adalah predator yang mematikan dan bisa menyerang manusia secara tiba-tiba jika terusik. Anda bisa menjadi santapan lumba-lumba dengan deretan taring giginya yang seperti pisau. 

6. Kanguru

Jangan coba-coba mengajak kanguru untuk adu tinju jika anda sedang berkunjung ke Australia. Hewan mamalia berkantung ini mudah kesal terhadap manusia yang iseng. Kanguru tak segan menyerang kita secara membabi buta, sampai kita terjatuh hingga bisa mematahkan rahang. Kanguru dikenal hewan mudah marah dan tak mau menyerah terhadap lawan jika sudah merasa terganggu. 

#Hewan #Memggemaskan #Mematikan #sumedang #erksfm #news-erks