Terbiasa Menyalahkan Diri Sendiri? Berikut 4 Tips Mengelola Self Blaming

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 26 November 2022 - 08:00 WIB

Terbiasa Menyalahkan Diri Sendiri? Berikut 4 Tips Mengelola Self Blaming

Terbiasa Menyalahkan Diri Sendiri? Berikut 4 Tips Mengelola Self Blaming — 2 bulan yang lalu


Semua orang pernah gagal. Dalam memaknai kegagalan, manusia akan memilih 2 pertahanan diri: menerima atau menyalahkan diri sendiri. 

Apabila kita bisa menerima kegagalaan itu dan memaknai kegagalan sebagai pembelajaran, artinya kita sudah selangkah lebih maju dibanding orang lain. 

Namun, jika kita masih menyalahkan diri atas kegagalan itu, maka kita perlu mengulik lebih dalam lagi tentang alasan mengapa kita melakukan itu. 

Perilaku self blaming atau lebih dikenal dengan menyalahkan diri sendiri adalah suatu bentuk kekerasan emosi yang dilakukan seseorang kepada dirinya sendiri. 

Perilaku atau kebiasaan itu didasari oleh perasaan bersalah pada perbuatan kita, penyesalan atas kejadian yang menimpa orang lain, bahkan kegagalan atas diri kita sendiri walaupun kita telah berusaha keras. 

Ada 3 hal yang menjadi penyebab utama seseorang memiliki kebiasaan self blaming. Yuk kita simak bersama

Menetapkan standar terlalu tinggi pada diri sendiri

Standar yang kita tetapkan terhadap suatu hal terkadang belum tentu sesuai kapasitas kita. Dan tentunya standar itu tidak selalu berhasil kita capai. 

Hal itulah menjadikan kita menyalahkan diri sendiri atas kegagalan jika standar yang kita tetapkan terhadap suatu hal tak tercapai. 

Menumpukan semua tanggung jawab kepada diri sendiri

Manusia cenderung merasa punya tanggung jawab penuh pada sesuatu yang akan kita lakukan atau miiki. Padahal, nggak semua hal bisa kita kendalikan Menitikberatkan semua bagian dalam kejadian pada diri sendiri bukan langkah yang tepat. 

Malah akan memberatkan. Saat kita tak bisa memenuhi tanggung jawab itu, pasti akan mulai menyalahkan diri sendiri. 

Tendensi ‘self-critic’ dari dalam diri maupun lingkungan

Beberapa orang punya sifat mengkritik. Tapi hal itu terkadang malah kebablasan. Alhasil kita akan selalu mengkritisi hal-hal yang menurut kita salah. Bahkan kita juga akan mengkritik diri sendiri saat yang kita lakukan tidak benar. 

Lalu bagaimana cara berdamai dengan self blaming agar tidak melulu menyalahkan diri atas peristiwa yang terjadi di sekitar ataupun diri sendiri? Yuk simak 4 tips mengelolanya.

1. Mengecek kembali tanggung jawab kita terhadap suatu hal

Bukan semua hal di dunia ini adalah tanggung jawabmu. Bukan semua proyek yang melibatkan dirimu itu tanggung jawabmu. Ada tim lain yang mendukungmu. 

Maka, kamu hanya perlu fokus dengan apa yang menjadi bagianmu dan kamu siap bertanggung jawab penuh atas itu. 

Jadi, apabila kedepannya ada masalah, kamu tidak akan menyalahkan dirimu sendiri. Tidak perlu juga menyalahkan orang lain. Setiap masalah pasti ada jalannya. 

Saat menemui masalah dan itu karena ulahmu, tenang saja. Hadapi semuanya. Bereskan masalahmu satu persatu. Menyalahkan diri tanpa menghadapi masalah hanya akan menjadi penghambat. Coba maafkan diri lalu perbaiki masalahmu. 

2. Lebih memperhatikan perubahan pada emosi dan perilaku

Ada masa di mana kita akan merasa sangat sensitif terhadap suatu hal. Jika itu terjadi, cobalah untuk rileks dan bicara pada dirimu sendiri. 

3. Melatih mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah solusi yang tepat agar kita tak melulu menyalahkan diri atas peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Dengan mencintai diri, kita jadi paham standar kita ada di mana, dan menyadari bahwa itu bukan hanya salah kita. 

Toh, kalau peristiwa itu terjadi karena kesalahan kita, maka kita akan mulai memaafkan diri dan berkata: semua baik-baik saja dan semua bisa diperbaiki. Bukan salahmu. 

4. Menjalin jejaring positif

Percaya tidak percaya, jejaring positif akan membantumu untuk mencintai diri, bersyukur, dan mengajakmu untuk memaknai kesalahan itu tidak selalu berasal dari dirimu. 

Mereka akan senantiasa memberikan dukungan agar kesalahhan-kesalahan kita teratasi, bukan hanya dipendam dan menyalahkan diri. 

Itulah cara-cara agar kamu tak selalu menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang menimpa dirimu atau orang di sekitarmu. 

Yuk biasakan untuk meminta maaf pada diri yang kamu salahkan itu. Dengan kita menyadari batasan dan kapasitas diri, itu akan membantu mengendalikan sikap menyalahkan diri sendiri lho! Yuk mulai belajar kenali kapasitas diri kita.

#MenyalahkanDiriSendiri #Kebiasaan #selfblaming. #sumedang #erksfm #news-erks