Tembus Rp 348 Triliun, Gelora Bung Karno Jadi Aset Termahal di Indonesia

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 19 December 2022 - 09:25 WIB

Tembus Rp 348 Triliun, Gelora Bung Karno Jadi Aset Termahal di Indonesia

Tembus Rp 348 Triliun, Gelora Bung Karno Jadi Aset Termahal di Indonesia — 2 bulan yang lalu


Total aset kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) mencapai Rp 348 triliun, jumlah tersebut menjadikan GBK sebagai aset termahal di Indonesia. 

Total aset bangunan GBK saja mencapai Rp 3 triliun, di luar nilai kawasannya.

Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN) , Encep Sudarwan menyebut nilai aset kawasan GBK setara dengan 3,3% dari total aset negara saat ini yakni Rp 10.467 triliun. 

"Jadi nilai asetnya tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang di pusat kota," kata Encep, dikutip Minggu (18/12/2022).

Keseluruhan nilai aset GBK tercatat hingga Juli 2020 lalu. 

Artinya, ada kemungkinan nilai asetnya bertambah selama 2 tahun belakangan ini atau periode 2021-2022, lantaran adanya renovasi dan menambah beberapa gedung di dalam kawasan peninggalan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, tersebut.

Peningkatan nilai aset negara terjadi lantaran DJKN telah melakukan revaluasi atau penghitungan ulang aset negara sejak 2018-2020. Dari proses perhitungan itu, pemerintah mencatat ada peningkatan hingga menjadi Rp 348 triliun.

Letak di kawasan pusat olahraga dan kegiatan lainnya itu sangat strategis yakni di Senayan, Jakarta Pusat. Encep menilai posisi ini membuat GBK menjadi kawasan yang mahal. 

Luas komplek GBK sendiri mencapai 279 hektare (ha) dan dikelola langsung oleh Pusat Pengelolaan Kompleks GBK (PPK-GBK) dengan porsi 36,57 persen. 

Pada 2012 silam, PPK-GBK melaporkan sisa kawasan GBK dikelola oleh Pengurus Besar dengan porsi 3,27%, kerja sama operasi (KSO) 2,51%, HGB perorangan 0,04%, HGB perusahaan 6,15%, instansi pemerintah 21,65%, dan build to transfer (BOT) 30,08%. 

Adapun bangunan yang berada di GBK di antaranya Stadion Utama GBK, Lapangan Panahan, Lapangan Sepak Bola ABC, Lapangan Hoki, Tennis Center Court, Stadion Madya GBK, Lapangan Basket Outdoor. 

Lalu, Stadion Softball, Stadion Baseball, Lapangan Rugby, Lapangan Voli Pasir, dan beberapa gedung lainnya. Di lain sisi, ada sejumlah bangunan yang tengah di masa konstruksi.

#StadionUtamaGeloraBungKarno #AsetTermahal #DJKN #sumedang #erksfm #news-erks