Sumedang Rotasi Ratusan Pejabat

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 20 August 2021 - 13:01 WIB

Sumedang Rotasi Ratusan Pejabat

Sumedang Rotasi Ratusan Pejabat — 1 tahun yang lalu


Pemkab Sumedang melakukan rotasi dan mutasi terhadap 413 pejabat, yang terdiri dari 71 orang pejabat administrator atau eselon III, 258 orang pengawas atau eselon IV dan 84 orang pejabat fungsional.

Ratusan pejabat yang dirotasi dan mutasi tersebut secara resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara Pemkab Sumedang, Kamis 19 Agustus 2021.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan tersebut, dilaksanakan secara simbolis dan terbatas oleh perwakilan pejabat yang dilantik. Dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting oleh pejabat lainnya di tempat masing-masing.

"Mutasi, rotasi dan promosi pegawai dalam perspektif manajemen ASN, sesuatu yang biasa dan lumrah. Selain itu juga, menjadi kebutuhan penyegaran organisasi guna terciptanya pemerintah daerah yang progresif, lincah dan tangguh," kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara Pemkab Sumedang, Kamis (19/8).

Ia menuturkan, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemda harus mampu mengonsolidasikan sekaligus menjadi motor penggerak dalam mewujudkan tatanan adaptasi kebiasaan baru.

"Rakyat bisa produktif, protokol kesehatan bisa terus dijalankan dan aman dari Covid-19," ujar Dony.

Dikatakan, ada beberapa hal fundamental yang mesti menjadi perhatian para ASN yang akan mengemban jabatan baru. Hal itu, di antaranya jabatan sejatinya amanah yang harus dijaga dengan penuh tanggungjawab.

"Jabatan ini harus jadi berkah bukan musibah. Untuk itu, syukuri dan jadikan jabatan sebagai ibadah untuk memberikan kemanfaatan yang optimal bagi masyarakat. Jaga integritas di setiap penugasan.  Jangan korupsi," ujarnya.

Lebih jauh Dony menjelaskan, semua pejabat harus mengetahui indikator dan target kinerja utama yang harus dicapai.

Ciptakan inovasi baru dengan ide kreatif sehingga berdampak pada peningkatakan kualitas pelayanan kepada masyarakat, pemerintahan dan pembangunan.

"Agar target tersebut bisa tercapai, harus bisa merumuskan strategi dan langkah konkret. Bahkan harus melampaui target kinerja yang ditetapkan," katanya.

Tak hanya itu, prinsip dasar sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, harus diterapkan para ASN secara serius di semua jenjang pemerintahan. Mulai dari perencanaan, pengukuran, evaluasi, peloporan sampai dengan pencapaian kinerja.

Para ASN juga, kata Dony, harus menyiapkan fisik, mental dan intelektual. Hal itu, supaya para ASN menjadi petarung di pemerintahan selaku pelayan publik yang baik, pemberdaya masyarakat serta penggerak pembangunan yang tangguh.

Menurut dia, visi Sumedang Simpati dalam konteks misi yang keempat yaitu profesional aparaturnya, ada dipundak para ASN dalam menata birokrasi yang responsif dan bertanggungjawab. ASN secara profesional memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya minta semua tidak main-main dengan jabatan, bukan hanya meraihnya, tetapi saudara harus siap dengan konsekuensinya yaitu mengabdi dan melayani masyarakat dengan sepenuh jiwa," ujarnya.

#rotasipejabat #mutasi #pemkabsumedang #sumedang #erksfm #news-erks