Sumedang Ikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Lodaya

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 22 April 2021 - 04:58 WIB

Sumedang Ikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Lodaya

Sumedang Ikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Lodaya — 1 tahun yang lalu


Sumedang mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Lodaya dalam rangka Persiapan Pengamanan Idul Fitri 1442 H di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 di Aula Vicon Polres Sumedang, Rabu, (21/04/2021).

Rapat lintas sektor secara nasional ini diikuti pula oleh Kementerian maupun Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk membahas masalah teknis penyekatan terkait larangan Mudik di Indonesia tahun 2021, khususnya terkait dengan penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Kapolres Sumedang AKBP  Eko Prasetyo Robbyanto menyampaikan, rapat tersebut membahas terkait masalah titik-titik penyekatan, khususnya di Pulau Jawa meliputi Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

“Untuk Kabupaten Sumedang, akan difinalisasi serta di fix-kan lagi terkait penyekatan tersebut melalui rapat Forkopimda,” ungkapnya.

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penyekatan tersebut, Eko menyebutkan Polres Sumedang telah menyiapkan 12 titik penyekatan yang berbatasan dengan Kabupaten/Kota di sekitar Sumedang.

“Tentunya hal ini akan lebih spesifik lagi untuk larangan mudiknya dibandingkan tahun lalu, sehingga akan menggelar personil lebih banyak dan juga akan menyiapkan peralatan medis dalam rangka menyukseskan program pemerintah tentang larangan mudik,” ujarnya.

Untuk personel yang akan dikerahkan, Eko mengatakan sementara rancangan beliau adalah sekitar 550 personel dari 1.200 personel di Polres Sumedang dan 550 personel itu akan diploting di 12 titik penyekatan tersebut serta dibagi menjadi tiga shift masing-masing 8 jam. 

“Saya berharap untuk ke depannya, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang dapat terkendali dan saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sumedang maupun masyarakat dari luar Kabupaten Sumedang yang ada di perantauan, mohon untuk tahun ini tidak mudik dahulu demi kebaikan bersama,” sebutnya.

Kegiatan ini diikuti Bupati Sumedang, Kementerian Perhubungan, Panglima TNI, Dirjen Kapolri, Kapolres, Dandim 0610, Kepala BPBD, Kepala Disperindag, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, DPUPR, Diskopukmpp, dan tamu undangan lainnya.

 

#rakor #operasiketupatlodaya #pandemi #polressumedang #sumedang #erksfm #news-erks