Sumedang Aplikasikan Nilai Budaya dalam Akselerasi Pembangunan

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 17 December 2020 - 05:00 WIB

Sumedang Aplikasikan Nilai Budaya dalam Akselerasi Pembangunan

Sumedang Aplikasikan Nilai Budaya dalam Akselerasi Pembangunan  — 2 tahun yang lalu


Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman membuka sekaligus sosialisasi Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang, Rabu (16/12).

Kepala Bappppeda kabupaten Sumedang Hj. Tuti Ruswati mengatakan, SPBS ini  ini mempunyai nilai-nilai yang sangat luhur dimana kekuatan budaya Sunda dengan 10 aspek perilakunya yang sangat strategis untuk membangun Kabupaten Sumedang.

“Terlebih Kabupaten Sumedang memiliki posisi strategis nasional  baik itu Waduk Jatigede, jalan tol Cisumdawu kemudian Jatinangor yang merupakan kawasan  pendidikan,” sebutnya,

Untuk itu, lanjut Tuti, jangan sampai Sumedang tidak memperkuat budayanya, sementara banyak orang luar masuk ke Sumedang. 

Diharapkan, nilai-nilai yang tercantum dalam Sumedang Puser budaya Sunda sehingga bisa mengakselerasi pencapaian Sumedang Simpati tahun 2023.

Sementara itu, Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan, bersama jajarannya siap ‘ngadu bako’ tentang Peraturan Bupati Sumedang nomor 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puser Budaya Sunda.

“Semoga Sumedang bisa ngabret dengan mengakselerasi pelaksanaan pembangunan berbasis karakter nilai kasumedangan,” sebutnya.

Prinsip insun medal insun madangan, kata Herman, merupakan modal sosial dan merupakan karakter masyarakat yang kuat, sehingga bisa merealisasikan Sumedang Simpati. (*)

#simpati #budaya #ngadubako #sunda #sumedang #erksfm #news-erks