Spanyol Wajibkan Pelaku Perjalanan dari China untuk Tes Covid-19

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 03 January 2023 - 11:20 WIB

Spanyol Wajibkan Pelaku Perjalanan dari China untuk Tes Covid-19

Spanyol Wajibkan Pelaku Perjalanan dari China untuk Tes Covid-19 — 1 bulan yang lalu


Spanyol mewajibkan pelaku perjalanan yang berasal dari China untuk menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 atau bukti vaksinasi dosis lengkap dengan vaksin yang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Resolusi ini juga menetapkan persyaratan Sertifikat Covid Digital Uni Eropa (CCD-UE) atau yang setara untuk semua penumpang penerbangan dari China mulai 3 Januari 2023 (Selasa)," bunyi pengumuman dari laman Kementerian Kesehatan Spanyol, dikutip pada Senin (2/1/2023).

Rencananya kebijakan ini diterapkan hingga bulan Februari mendatang, tepatnya Rabu (15/2/2023). 

Dilansir dari Schengenvisainfo.com, pelaku perjalanan dari China akan melewati sejumlah pemeriksaan, mulai dari dokumen dan suhu tubuh hingga tes diagnostik untuk infeksi aktif SARS-CoV-2.

Adapun syarat perjalanan untuk kedatangan dari Negeri Tirai Bambu ini diterapkan lantaran adanya kekhawatiran akibat meningkatnya infeksi Covid-19 di China, yang akan membuka perbatasan setelah tiga tahun.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk pelaku perjalanan dalam penerbangan dari China, namun tidak berlaku untuk pelaku perjalanan dari Hong Kong. Untuk diketahui, China berencana membuka perbatasan pada Minggu (8/1/2023) setelah sebelumnya menerapkan pembatasan selama sekitar tiga tahun. 

Spanyol merupakan salah satu negara yang menerapkan syarat perjalanan bagi kedatangan dari China.  Beberapa negara lainnya yang juga menerapkan syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan asal Negeri Tirai Bambu, antara lain Jepang dan Italia.

#Spanyol #China #TesCovid-19 #WHO #sumedang #erksfm #news-erks