Soroti Anggaran Pilkada Sumedang, KNPKP Minta Pertanggungjawaban Terbuka

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 29 December 2022 - 13:03 WIB

Soroti Anggaran Pilkada Sumedang, KNPKP Minta Pertanggungjawaban Terbuka

Soroti Anggaran Pilkada Sumedang, KNPKP Minta Pertanggungjawaban Terbuka — 1 bulan yang lalu


Direktur Komite Nasional Pengamat Kebijakan Publik (KNPKP) Toni S Liman menyoroti penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran Pilkada Kabupaten Sumedang Tahun 2024 oleh Pilkada .

Untuk alokasi persiapan pilkada 2024, Pemerintah Kabupaten Sumedang telah mendistribusikan sebesar Rp 250 juta pada KPU Sumedang di tahun 2022, dan rencananya akan menambah lagi sebesar Rp 1,5 miliar, yang bersumber dari anggaran murni tahun 2023.

Toni mendorong agar alokasi anggaran untuk pilkada Sumedang dipersiapkan dengan baik, karena bagaimanapun, sumber daya anggaran turut menentukan kualitas pemilihan.

“Namun, saya pikir, sebelum mendapatkan anggaran persiapan di tahun 2023, penggunaan anggaran 250 juta di tahun 2022, perlu dipertanggungjawabkan terlebih dahulu,” katanya, Kamis (29/12/2022).

“Saya belum melihat KPU mempertanggungjawabkannya secara terbuka, kok sudah mengajukan lagi anggaran yang jumlahnya fantastis? Ini kan baru persiapan, dan tahun 2024 itu masih ada waktu sekitar 2 tahun lagi,” sebutnya.

Toni mengingatkan agar KPU Sumedang tidak main-main dengan anggaran pilkada, dan mampu mengontrol serta mengendalikan penggunaannya secara transparan.

“Harus jelas ya. Rujukannya seperti apa, dan renstranya bagaimana, apalagi nantinya ada 3 kali permintaan dari KPU. Di tahun 2022, 2023, dan 2024. Jadi berapa dong total dari semuanya?” katanya.

Sementara itu, Atang Setiawan, Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sumedang membenarkan, untuk tahun 2023, akan disiapkan Rp 1,5 miliar untuk persiapan pilkada.

“Itu di luar alokasi dana cadangan Pilkada yang sudah ditetapkan sebesar 40 miliar, ya. Tetapi sinyal dari KPU, sebesar 1,5 miliar itu kelihatannya kurang,” katanya. 

Atang mengakui jika pihaknya belum melihat dan mengetahui, dana Rp 1,5 miliar itu untuk apa saja.

“Dalam realisasinya nanti, besaran anggaran itu bisa kurang, tetapi bisa juga lebih,” kata Atang.

Ine Inayah, Kepala BPKAD Sumedang, mengkonfirmasi jika di tahun 2022 ini, KPU Sumedang memang mendapatkan dana hibah untuk persiapan pilkada sebesar Rp 250 juta.

“Ya, untuk tahun ini ada dicairkan sebesar Rp 250 juta,” tegasnya. 

#KNPKP #Pilkada #KPUKabupatenSumedang #BPKADSumedang #anggaran #sumedang #erksfm #news-erks