Seru dan Menyenangkan, Ini Tempat Wisata Cirebon yang Cocok untuk Keluarga

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 30 December 2022 - 00:00 WIB

Seru dan Menyenangkan, Ini Tempat Wisata Cirebon yang Cocok untuk Keluarga

Seru dan Menyenangkan, Ini Tempat Wisata Cirebon yang Cocok untuk Keluarga — 1 bulan yang lalu


Tempat wisata Cirebon bisa jadi salah satu destinasi tujuanmu berlibur. Berlibur ke tempat-tempat wisata yang menarik selepas sibuk bekerja bisa jadi salah satu solusi untuk mencegah stres berkelanjutan. 

Dalam momen liburan kamu juga bisa mengajak anggota keluarga atau teman-temanmu.

Tak perlu jauh-jauh ke Indonesia Timur. Kamu bisa berkunjung ke wisata di daerah Jawa Barat salah satunya tempat wisata Cirebon. 

Cirebon akrab di disebut dengan kota udang ini punya banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata Cirebon mulai dari wisata telaga, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata pantai.

Sebelum berkunjung ke sana ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dulu tempat-tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai tempat wisata Cirebon yang wajib dikunjungi, unik dan inspiratif telah dirangkum Merdeka.com melalui pinterest dan berbagai sumber lainnya.

1. Telaga Nilam

Tempat wisata Cirebon yang pertama adalah Telaga Nilam. Telaga ini terlatak di Desa Keduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. 

Telaga ini terkenal memiliki suasana yang sejuk serta memberikan pemandangan yang indah. Hal ini tak lain karena telaga ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasana terasa sejuk dan damai.

Selain pemandangan yang indah, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat kamu semakin nyaman menghabiskan waktu di tempat ini. 

Tak ada salahnya kamu mengajak keluarga dan teman-temanmu untuk berlibur bersama agar suasana terasa lebih seru.

2. Pantai Kejawanan

Tempat wisata Cirebon yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Kejawanan. Pantai ini terletak di Pegambiran, Lemah wungkuk, kota Cirebon, Jawa Barat. 

Kamu bisa menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini dengan keluarga maupun teman-teman. 

Selain itu, kamu juga bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan hamparan air laut yang menenangkan sambil meikmati makanan dan minuman.

Ada banyak tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan sebagai objek foto kamu. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi area pantai keJawanan ini. Harga sewanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

3. Goa Sunyaragi

Tempat wisata Cirebon selanjutnya ialah Goa Sunyaragi. Gua ini merupakan situs cagar alam yang memiliki luas kurang lebih 15 hektare. 

Dalam sejarahnya dulu lokasi ini digunakan sebagai tempat untuk bermeditasi ataupun olah kanuragan bagi para pembesar kerajaan dan prajurit keraton.

Namun sekarang Goa Sunyaragi menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang kerap dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Cirebon. 

Apalagi beredar mitos yang menyebutkan bahwa siapapun yang datang ke tempat ini akan mendapatkan jodohnya.

4. Kampung Batik Trusmi

Tempat wisata Cirebon lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Batik Trusmi. Di sini kamu bisa membeli beragam jenis batik dengan beragam motif yang cantik. 

Kampung Batik Trusmi ini berada di desa weru lor, kecamatan weru Cirebon. Harga kain-kain batik di tempat ini juga cukup terjangkau.

Di tempat ini juga menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjung. Jadi kamu bisa belajar membatik di tempat ini. Kemampuan membatik masyarakat di kampung ini juga sangat bagus. 

Karena salah satu murid Sunan gunung jati yang bernama Ki Gede Trusmi yang mengajari para warga untuk membatik.

5. Telaga Remis

Tak kalah menarik dari Kampung Batik Trusmi, tempat wisata Cirebon lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Telaga Remis. 

Telaga ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Cirebon.

Berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan, Telaga Remis menawarkan keindahan alam yang sejuk indah sekaligus asri. 

Tak heran bila kemudian tempat wisata Cirebon ini kerap didatangi fotografer dan orang-orang lainnya yang kerap berburu tempat unik untuk berfoto.

6. Desa Wisata Cikalahang

Tempat wisata Cirebon yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Cikalahang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Pengunjung bisa menghirup udara segar dan jauh dari kebisingan.

Wisata ini berlokasi di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon tepatnya sekitar satu kilometer dari jalan alternatif Cirebon-Majalengka. 

Di kawasan Desa Wisata Cikalahang juga terdapat danau besar yang bisa kamu kelilingi dengan menaiki perahu bebek.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa bisa jadi Tempat wisata Cirebon selanjutnya. Masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah tertua di Cirebon.

Pada halaman masjid terdapat sumber air yang diyakini punya sumber air yang sama dengan sumur zam-zam di Mekkah. 

Masyarakat setempat percaya, air ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai untuk membasuh wajah.

Arsitektur masjid ini unik. Banyak diisi dengan kayu dan pintu masuk masjid ini sangat rendah. Alhasil, orang yang ingin masuk perlu menundukkan kepalanya.

#TempatWisata #Cirebon #Berlibur #sumedang #erksfm #news-erks