Serbuan Vaksinasi Maritim Sasar 2.000 Warga Sumedang

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 02 August 2021 - 13:00 WIB

Serbuan Vaksinasi Maritim Sasar 2.000 Warga Sumedang

Serbuan Vaksinasi Maritim Sasar 2.000 Warga Sumedang — 1 tahun yang lalu


TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang, Senin (2/8/2021). Kegiatan itu dilaksanakan untuk mempercepat program vaksinasi di Sumedang yang sampai saat ini masih rendah, baru 17 persen dari total penduduk. 

Untuk menyukseskan kegiatan itu, TNI AL menggandeng personel TNI AD, AU, Polri, dan Dinkes Sumedang. Sebanyak 2.000-2.500 dosis vaksin diberikan kepada warga agar segera terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di Sumedang. 

"Pagi hari ini kami melaksanakan serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang. Jadi gabungan dari TNI AL, AD, AU, Polri serta Dinkes Kabupaten Sumedang. Kami siapkan 2.000-2.500 dosis vaksin," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. 

Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi bertujuan untuk mempercepat program pemberian vaksin kepada masyarakat Sumedang. Sebab, sesuai data, vaksinasi di Kabupaten Sumedang ini baru mencapai 17 persen.

"TNI AL selama ini menggelar di daerah daerah terpencil, masyarakat perikanan. Kemudian di pelabuhan-pelabuhan. Kami menyasar daerah sesuai data tadi, laju vaksinasinya masih minim. Sehingga harapannya, terjadi pemerataan (vaksinasi)," ujar Laksamana TNI Yudo Margono. 

KSAL menuturkan, herd immunity ditarget tercapai pada Agustus 2021. Target itu bisa tercapai jika seluruh komponen bangsa berkolaborasi TNI, Polri, Kemenkes, dan masyarakat menyukseskan kegiatan vaksinasi. 

"Saya yakin bisa terlaksana. Ini (serbuan vaksinasi) sudah kami laksanakan, baik di perkotaan, pelosok-pelosok maupun ke daerah terpencil, termasuk ke pulau0pulau yang tak tersentuh vaksinasi. Kami dekatkan kapal perang kami (TNI AL) ke sana sehingga masyarakat semuanya bisa tercapai," tutur KSAL. 

Selain serbuan vaksinasi, kata Laksamana TNI Yudo Nugroho, TNI juga memberikan bantuan sembako ini untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Tujuannya masyarakat juga dapat merasakan kesejahteraan ini. 

"Terima kasih kepada masyarakat semuanya. Dandim, Pangdam, Kapolda, dan Bupati yang telah bersama sama (menyukseskan serbuan vaksinasi di Sumedang). Saya yakin dengan kebersamaan ini vaksinasi di seluruh wilayah dapat sesuai target," ucap Laksamana TNI Yudo Margono. (*)

#covid-19 #vaksin #vaksinasi #sumedang #erksfm #news-erks