Sempat Dimutasi ke Humas Polda Metro Jaya, MP Ambarita dan Bang Jack Balik ke Jalan

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 05 January 2023 - 08:00 WIB

Sempat Dimutasi ke Humas Polda Metro Jaya, MP Ambarita dan Bang Jack Balik ke Jalan

Sempat Dimutasi ke Humas Polda Metro Jaya, MP Ambarita dan Bang Jack Balik ke Jalan — 1 bulan yang lalu


Sempat dimutasi ke Humas Polda Metro Jaya dari reserse, Aipda MP Ambarita dan Aiptu Jakaria atau Jack atau Jacklyn Chopper akan kembali bertugas di satuan masing-masing.

Ambarita dan Jakaria saat itu dimutasi usai viral video penggeledahan HP yang dilakukan bersama tim Raimas Backbone. Kabid Humas Polda Metro Jaya saat itu yakni Kombes Yusri Yunus mengatakan mutasi keduanya merupakan penyegaran personel yang biasa dilakukan di lingkungan instansi Polri.

Mutasi Aipda Ambarita dan Aiptu Jack itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per tanggal 18 Oktober 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putra Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan ditujukan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Kapolres Metro Jakarta Timur.

Dalam telegram tersebut, tertulis Aiptu Jakaria yang menjabat sebagai Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya. Selain itu, ada Aipda Monang Parlindungan Ambarita yang menjabat Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jaktim dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Aiptu Jackaria atau dikenal juga dengan Jack atau Jacklyn Choppers dan Aiptu Ambarita atau Ambarita dikenal sebagai 'polisi artis'. Keduanya populer di media sosial karena kerap mengisi konten media sosial. Jacklyn, salah satunya, dia memiliki akun YouTube pribadi 'Jacklyn Choppers'. Polisi Jatanras Polda Metro Jaya ini memiliki 544.000 subscribers di akun YouTube-nya.
Halaman 1 2

"Kami ini semuanya anggota Polda Metro Jaya, mutasi itu adalah hal yang wajar tour of duty ya kan, penyegaran. Termasuk Pak Jacklyn ya kan. Pak Jacklyn ini mutasi dari Jantaras ke Humas," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Dia menjelaskan Jacklyn dan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas, salah satu pertimbangannya, keduanya sudah cukup populer di media sosial, sehingga diharapkan dapat memperkuat bidang kehumasan.

Ngaku Grogi Jadi MC

Saat menjadi MC acara rilis akhir tahun Polda Metro Jaya, Sabtu (31/12/2022) di hadapan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Jack mengaku grogi menjadi MC. Dia berseloroh, selama berkarir menjadi polisi, biasanya memegang senjata namun kini memegang mik.

"Grogi jadi MC. Bukan apa-apa, Lae. Biasanya gue megang senjata 27 tahun, ini kali ini gue megang mik, Lae," ujar Jack.

Ambarita yang saat itu juga menjadi MC merespons Jack. Ambarita yang juga dikenal sebagai anggota Sabhara, menyatakan hal serupa.

"Itu makanya tangan gemetaran," ucap Ambarita.

"Sama kayak, Lae, biasanya pegang setang motor," timpal Jack.

Sebelum di Bidhumas Polda Metro Jaya, Ambarita kerap berpatroli menggunakan sepeda motor bersama Tim Pengurai Massa (Raimas) Backbone Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim). Meski gemetaran, Ambarita mengaku akan total menjalani tugasnya.

"Dari tadi saya gemetaran. Tapi itu semua wujud kecintaan kita kepada Pak Kapolda Metro. Yang luar biasa itu bukan karena kita di depan, tapi karena rilis akhir tahun Polda Metro Jaya yang dipenuhi dengan inovasi," ucap dia.

Dikembalikan ke Reserse

Selama mendengar curahan hati (curhat) Jack dan Ambarita yang grogi menjadi MC, Fadil tertawa-tawa. Fadil pun mengatakan akan mengembalikan Jack dan Ambarita ke satuan asalnya

Fadil Imran menyampaikan Ambarita dan Jacklyn akan kembali ditugaskan di reserse. Dia menyebut Ambarita dan Jacklyn akan lebih intens berada di lapangan,

"Sudah 1,5 tahun setengah saya suruh bertapa mereka," kata Fadil.

Fadil berharap keduanya memetik hikmah dari 'pertapaannya' selama 1,5 tahun. Sehingga dapat membuka hati dan pikiran dalam mengayomi masyarakat.

"Mudah-mudahan dalam pertapaannya menemukan sesuatu yang baru, yang nantinya lebih mengasah hati dan pikirannya untuk lebih melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat Jakarta," ucap Fadil.

Fadil mengatakan hal itu setelah mendengar curahan hati (curhat) Ambarita dan Jack. Dalam acara rilis akhir tahun itu, Jack dan Ambarita menjadi pembawa acara (master of ceremony/MC).

Fadil tertawa geli saat mendengar Jack dan Ambarita grogi menjadi MC. Fadil berharap Jack dan Ambarita semakin humanis setelah setahun lebih berdinas di Bidhumas Polda Metro Jaya.

"Ambarita akan kembali hadir di jalan bersama perintis-perintis. Jack juga akan kembali ke reserse, menjadi reserse yang humanis," ungkap Fadil.

Fadil juga meminta personel Polda Metro Jaya yang hadir dalam acara turut meneladani sosok Jack dan Ambarita. Dia juga mengaku mengambil pelajaran saat Jack dan Ambarita bekerja sebagai polisi yang dekat dengan masyarakat.

#MPAmbarita #mutasi #PoldaMetroJaya #AiptuJakaria #Reserse #sumedang #erksfm #news-erks