Selain Alkohol, 6 Hal ini Berpotensi Bikin Kita Terkena Amnesia Lho!

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 01 January 2023 - 08:00 WIB

Selain Alkohol, 6 Hal ini Berpotensi Bikin Kita Terkena Amnesia Lho!

Selain Alkohol, 6 Hal ini Berpotensi Bikin Kita Terkena Amnesia Lho! — 1 bulan yang lalu


Amnesia, kata yang selalu kita dengar jika seseorang lupa akan sesuatu yang telah terjadi. Bagi orang awam, amnesia terkadang dianggap sebuah hal yang sepele dan tak menjadi perhatian khusus. 

Dalam dunia medis sendiri, amnesia memang betul-betul ada dan dianggap sebagai kondisi dimana seseorang menjadi lupa atau hilangnya kemampuan mengingat kembali kejadian masa lampau.

Amnesia sendiri bisa terjadi karena banyak faktor. Anda yang memiliki ketergantungan atau kecanduan alkohol wajib waspada. 

Mengapa? konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami amnesia secara permanen, karena kemampuan mengingat kejadian yang berlalu rusak akibat dampak buruk alkohol seperti mabuk.

Melansir dari halodoc, selain kecanduan alkohol, berikut 6 hal yang dapat memicu seseorang berpotensi mengalami amnesia.

1. Cidera parah pada kepala akibat sebab tertentu

Cidera serius yang terjadi pada kepala biasanya karena mengalami insiden kecelakaan atau benturan pada kepala saat olahraga. Biasanya amnesia pada kondisi ini terjadi saat awal-awal pemulihan. 

Dalam kasus tertentu, cidera pada kepala yang menyebabkan seseorang dirawat dalam jangka lama akan menyebabkan amnesia secara permanen.

2. Stroke dan penyakit saraf lainnya

Penderita stroke biasanya diiringi dengan terganggunya saraf otak. Maka jangan heran, para penderita stroke yang memang kesulitan untuk berkomunikasi juga akan berpotensi mengalami amnesia secara permanen jika tidak segera ditangani.

3. Demensia

Demensia bisa diartikan pikun. Kondisi ini sangat umum terjadi pada orang lanjut usia. Penurunan daya ingat yang drastis pada seseorang yang lanjut usia, menyebabkan kemampuan mengingat kembali kejadian masa silam betul-betul hilang.

4. Anoksia 

Hal umum yang terjadi pada penderita Anoksia adalah tubuh sama sekali tidak mendapatkan pasokan oksigen yang maksimal. Kondisi ini sangat mempengaruhi kerja otak, sehingga menyebabkan hilangnya ingatan.

5. Efek samping penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti obat anti depresi, anti kecemasan, anti hipertensi dapat meningkatkan resiko mengalami amnesia.

6. Trauma dan stres berat

Tekanan psikologis hebat menjadi penyebab seseorang mengalami stres berat dan trauma. Tak hanya itu, dua keadaan saling terkait ini berpotensi seseorang mengalami amnesia karena konflik batin yang tak kunjung mereda.

nah itulah 6 kondisi yang berpotensi menjadikan seseorang mengalami amnesia. Gaya hidup sehat, lingkungan yang baik memungkinkan potensi amnesia saat muda dan di masa tua bisa diminimalisir.

#Amnesia #Alkohol #Demensia #Cidera #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks