Sederet Alasan Kenapa Menulis Itu Penting

Redaksi eRKS FM

 - 

Sunday, 02 October 2022 - 21:28 WIB

Sederet Alasan Kenapa Menulis Itu Penting

Sederet Alasan Kenapa Menulis Itu Penting — 2 bulan yang lalu


Meskipun terbilang sulit bagi sebagian orang, namun ada banyak alasan mengapa menulis itu penting dilakukan. Terutama bagi para dosen yang merupakan pakar di bidang tertentu, dan berkewajiban menyebarluaskan keahliannya pada khalayak.

Secara garis besar, berikut adalah daftar alasan yang membuat kegiatan menulis penting untuk dilakukan:

Kemampuan Dasar Manusia

Menulis adalah kemampuan dasar manusia. Sebagai contoh adalah ketika masuk ke Sekolah Dasar, sejak dulu ada tes masuk untuk membaca dan menulis.

Minimal menulis huruf alfabet tunggal atau deretan angka, sehingga bisa dianggap memenuhi kualifikasi dan diterima untuk sekolah. Saat mengenyam pendidikan pun, sebagai pelajar ada kebutuhan untuk aktif mencatat.

Tanpa kemampuan menulis maka siswa akan kesulitan mencatatkan materi pelajaran. Sehingga kualitas pembelajaran pun jadi kurang maksimal. Berbeda jika sudah memiliki kemampuan menulis, maka lebih mudah bagi pelajar untuk menyerap materi pelajaran.

Rekaman Bukti-bukti Sejarah

Alasan berikutnya menulis penting adalah karena menulis merupakan bagian dari bukti sejarah. Jika kita perhatikan, hasil penelitian sejarah didasarkan pada berbagai bentuk peninggalan sejarah.

Selain prasasti, ada banyak catatan penggunaan daun lontar di masa lalu. Kemudian ada peninggalan berbentuk buku dengan aksara Jawa atau lainnya.

Catatan seperti ini membantu kita memahami aktivitas masyarakat pada saat itu, serta berbagai peristiwa penting yang telah diabadikan dalam tulisan. Hal yang sama terjadi hari ini. Melalui tulisan, peristiwa masa kini terekam sebagai catatan sejarah.

Sebagai Sarana Komunikasi

Menulis juga bisa jadi sarana komunikasi denga individu atau dengan banyak orang. Selain itu, komunikasi tertulis lebih baik daripada komunikasi verbal.

Komunikasi tertulis bisa lebih detail, lebih dalam, dan lebih jujur ​​bagi mereka yang merasa sulit untuk berbicara. Hal ini terjadi karena ketika seseorang menulis, mereka harus menulis terus menerus dari awal sampai akhir.

Jangan sampai tersampaikan secara tidak sengaja, dan terdengar samar atau membingungkan. Selain itu, komunikasi tertulis lebih berkesan karena Anda menunggu apa yang Anda tulis sampai ke pembaca sebelum menunggu tanggapan.

Berbagi Manfaat pada Orang Lain

Alasan menulis itu penting adalah karena menulis dapat bermanfaat bagi orang lain. Misalnya, seorang penulis yang menyampaikan informasi penting pada banyak orang.

Informasi ini mungkin diperlukan oleh pembaca agar bermanfaat bagi mereka. Dengan begitu, tulisan dapat berisi beberapa bentuk pengetahuan, yang membuat pembaca lebih pintar.

Menulis juga dapat memasukkan opini tentang topik, mendorong pembaca untuk berpikir lebih cerdas dan lebih berpikiran terbuka. Menulis mengembangkan keterampilan sosial dan intelektual pembaca sehingga pembaca atau masyarakat luas dapat memiliki sikap positif.

Pengembangan Diri

Menulis membantu intelektualitas seseorang berkembang dengan baik. Pertama, menulis bagi pemilik kecerdasan linguistik dapat mengasah kecerdasan tersebut, dan memungkinkan Anda membuat teks yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Kedua, sebelum menulis, dijamin banyak referensi yang perlu dibaca secara menyeluruh untuk memahami topik tersebut. Artinya, menulis dalam bentuk apapun membutuhkan pengetahuan tentang menulis. Semakin banyak topik yang ditulis, semakin banyak yang penulis ketahui. Semakin banyak dia menulis, semakin dia banyak tahu.

Membantu Meningkatkan Fokus

Alasan berikutnya menulis itu penting adalah karena membantu Anda fokus. Saat menulis, seseorang berkonsentrasi pada apa yang telah ditulisnya.

Setelah itu, proses pemikiran dan konsentrasi akan memakan waktu hingga hitungan jam, bukan menit lagi. Setidaknya satu jam untuk melatih otak agar fokus agar si penulis terbiasa tetap fokus.

Manfaat ini tentu saja oke banget, dan lebih dari sekadar menjadi lebih produktif saat menulis. Tapi Anda juga bisa fokus pada pekerjaan Anda, sehingga Anda bisa lebih produktif dan fokus pada hal lain.

Merupakan Bukti Keahlian

Menulis penting karena seorang ahli bisa memaparkan dan menyampaikan atau bahkan membuktikan keahliannya di suatu bidang. Seorang dosen misalnya yang sudah menjabat sebagai Guru Besar dan ahli di bidang Ekonomi.

Maka menulis buku dengan tema ekonomi akan dianggap membagikan tulisan atau buku dari seorang ahli. Isinya akan dianggap lebih kredibel karena dijamin penulis yang ahli di bidangnya tidak akan menyampaikan sesuatu tanpa dasar yang jelas.

Jadi, alasan mengapa menulis itu penting karena memang dengan menulis seseorang bisa memiliki bukti tentang keahliannya. Tidak harus dosen, siapa saja. Misalnya ahli merias wajah, ahli menjahit, ahli merajut, ahli memasak, dan lain-lain.

 

Peningkatan Pengakuan

Menulis juga bisa menjadi wahana bagi mereka yang tertarik untuk meraih popularitas secara positif, dengan mempublikasikan tulisannya.

Tulisan dalam bentuk apapun, jika bermanfaat, dapat diterima di berbagai media dan dibaca oleh masyarakat luas. Semakin banyak artikel yang diterbitkan, semakin terkenal penulisnya.

Apalagi jika artikel tersebut benar-benar bermanfaat dan menarik perhatian. Untuk fakultas dan staf, nama profil yang lebih tinggi dapat menjadi bagian dari personal branding mereka.

Ini juga merupakan bagian dari academic branding, baik bagi profesi guru, dosen, maupun bagi lembaga nasional dan universitas yang mengusungnya.

Jadi Sumber Penghasilan

Jadi, kenapa harus menulis? Masih banyak alasan selain yang disebutkan itu. Menulis juga membantu penulis mendapatkan penghasilan.

Hal ini karena ketika sebuah artikel diterbitkan, penulis dapat menerima kompensasi dari pihak yang menerbitkan artikel tersebut. Misalnya, jika sebuah cerita pendek diterbitkan oleh editor majalah, majalah tersebut akan membayar biaya dengan besaran tertentu.

Jika tulisan dalam bentuk buku, penerbit akan memberikan royalti dari hasil penjualan buku tersebut. Royalti penerbit biasanya 10% sampai 15% dari penjualan buku dan dibayar dua kali setahun. Cukup bagus, bukan?

 

Sarana Penyaluran Hobi

Apakah Anda memiliki hobi menulis? Salah satu alasan mengapa menulis itu penting adalah untuk mengomunikasikan selera Anda dengan benar. Melalui hobi menulis, orang bisa leluasa menyampaikan pikirannya.

Tulisan-tulisannya dijamin disukai banyak orang, dan para pembaca selalu menanti terbitnya. Siapa sangka yang awalnya hanya sekedar hobi bisa menghasilkan pendapatan dan bermanfaat bagi orang lain?

Tips Mengasah Kemampuan Menulis

Bagaimana memulai proses menulis?

Pertanyaan ini bisa muncul setelah menyadari bahwa kegiatan menulis itu penting, terutama bagi penulis pemula. Sebenarnya, bisa dibilang, menulis lebih sulit daripada berbicara.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan menulis, antara lain:

Sering-seringlah membaca karena membaca biasanya memperluas wawasan Anda dan semakin Anda memahami cara memulai menulis, semakin menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

Dari saat Anda bangun hingga tidur, setiap kali Anda melakukan sesuatu, tuliskan semua ide Anda. Dijamin punya banyak ide mudah untuk ditulis. Dosen dapat dengan mudah menemukan ide menulis untuk disiplin akademik aktif mereka. Jadi ketika Anda memiliki ide, tuliskan segera.

Menulis setiap hari. Baik itu akhir pekan atau hanya 30 menit sehari, jangan lupa untuk menulis. Semakin banyak Anda menulis, semakin mahir otak dan jari Anda dalam menuangkan pikiran Anda ke dalam tulisan.

Tulislah topik yang Anda sukai agar Anda memiliki semangat dan minat untuk terus menulis. Anda dapat memilih tema favorit Anda dan menguasainya. Jika tulisan Anda bersifat akademis, seperti profesor, Anda dapat menemukan topik yang Anda sukai, serta topik yang mudah dicari referensinya.

Bacalah setelah kalimat tersusun, sehingga Anda dapat memeriksa kesalahan dalam struktur kalimat, tanda baca, pengetikan, dan lain-lain. Anda dapat memperbaikinya untuk kualitas terbaik.

Menggunakan beberapa tips di atas, dipastikan Anda lebih asyik menulis dan bisa mengasah keterampilan Anda dengan sangat baik.

Tapi, jika Anda merasa galau dari mana harus mulai menulis, pusing juga memikirkan bagaimana cara memilih kata-kata yang mantap, maka tak perlu stres, jasa penulisan artikel Gibera Kata siap membantu Anda, membuatkan berbagai jenis artikel paling keren yang Anda butuhkan. Tahu-tahu rampung deh, pokoknya.

Tak hanya melayani pembuatan artikel ilmiah populer atau opini, jasa penulisan artikel Gibera Kata juga siap mengerjakan artikel SEO, copywriting, dan deskripsi produk untuk website Anda, dengan harga bersaing. Ada diskon pula. Cek saja di www.giberakata.com atau konsultasi via WA di 0831-2772-4761. ***

#menulis #sumedang #erksfm #news-erks