Sederet 9 Penyebab Anak Aktif dan Tidak Bisa Diam, Bunda Harus Tahu!

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 03 April 2023 - 13:05 WIB

Sederet 9 Penyebab Anak Aktif dan Tidak Bisa Diam, Bunda Harus Tahu!

Sederet 9 Penyebab Anak Aktif dan Tidak Bisa Diam, Bunda Harus Tahu! — 1 tahun yang lalu


Secara umum, wajar jika anak aktif secara fisik karena bisa menjadi salah satu tahap dalam proses tumbuh kembangnya. Namun, bagaimana jika anak terlalu aktif dan tidak bisa diam?

Seringkali hal ini membuat Bunda jadi mudah lelah dan bahkan stres. Sebab anak yang aktif memerlukan lebih banyak pengawasan.

Anak aktif pun sering dianggap memiliki kondisi hiperaktif atau ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Untuk menentukan hal ini, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh oleh tenaga profesional.

Menurut laman resmi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, ADHD merupakan gangguan neuropsikiatri yang mempengaruhi cara kerja otak. 

Anak cenderung impulsif, kurang bisa fokus, tidak bisa diam, kesulitan mengikuti instruksi, mudah lupa, dan suka menginterupsi saat orang lain bicara. 

Selain itu, anak ADHD juga memiliki masalah emosi seperti mudah frustasi dan cepat marah. Namun, belum tentu semua anak yang aktif dan tidak bisa diam disebut sebagai anak ADHD. Bunda perlu melakukan konsultasi kepada ahli agar menghindari melakukan diagnosa sendiri.

Penyebab anak aktif dan tidak bisa diam

Secara mendasar, ada beberapa faktor penyebab anak aktif dan tidak bisa diam yang perlu mendapat perhatian seperti dilansir berbagai sumber:

1. Gemar eksplorasi

Menurut Susan J. Schwartz dari Institute for Learning and Academic Achievement, New York University Child Study Center, balita dan anak-anak usia prasekolah belum memiliki kontrol diri atau kemampuan kognitif untuk berhenti melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Hal ini membuat mereka lebih aktif secara fisik dan bahkan hampir tidak terlihat lelah. 

2. Rasa ingin tahu yang besar

Dikutip dari Parents, anak usia balita umumnya memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ini karena semua hal terasa dan terlihat baru baginya. Beberapa hal yang terasa biasa bagi orang dewasa justru jadi menarik bagi anak, termasuk suara, rasa, sentuhan, pemandangan, dan bahkan aroma tertentu. 

Anak-anak pun jadi punya rasa ingin tahu yang besar dan secara aktif senang mengenal lingkungannya sekaligus.

"Dunia ini sangat menyenangkan bagi anak usia 2 dan 3 tahun, mereka jadi terstimulasi, aktif dan senang menjelajah," ujar Kyle D. Pruett, M.D., profesor klinis psikiatri anak di Yale School of Medicine. 

3. Stres

Dikutip dari Very Well Family, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab anak aktif dan tidak bisa diam. Termasuk perubahan rutinitas atau bahkan adanya perubahan positif, seperti memiliki adik baru atau pindah ke rumah baru.

Meski hal ini terasa biasa saja bagi orang dewasa, justru rentan menimbulkan stres bagi seorang anak.

Pastikan anak memiliki rutinitas yang konsisten dan dapat diprediksi. Jika keluarga tengah mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, beri anak kepastian dan dukungan ekstra.

4. Rentang perhatian masih minum

Sebagian anak terlihat sangat aktif salah satunya karena rentang perhatian mereka yang masih kurang. Anak jadi mudah berganti pikiran atau aktivitas berikutnya tanpa jeda. 

Cari tahu tentang penyebab anak aktif dan tidak bisa diam lainnya di halaman berikut ini, Bunda

5. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa masalah kesehatan fisik yang menyebabkan anak jadi terlalu aktif. Tiroid yang terlalu aktif, misalnya, dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kecemasan dan hiperaktif. Ada juga masalah genetik lain yang dapat menyebabkan peningkatan aktivitas.

6. Masalah kesehatan emosional atau mental

Masalah emosional seringkali terlihat seperti gangguan perilaku pada anak-anak. Misalnya, seorang anak dengan gangguan kecemasan mungkin kesulitan untuk duduk diam.

Selain itu, anak yang pernah mengalami trauma akibat peristiwa menakutkan mungkin juga lebih sulit untuk berkonsentrasi. Jika Bunda menduga kondisi aktif yang dialami anak kemungkinan berasal dari masalah emosional, segera lakukan konsultasi dengan bantuan tenaga profesional. 

7. Kurang tidur

Jika orang dewasa cenderung menjadi kurang berenergi ketika lelah, anak-anak justru seringkali menjadi sangat aktif. Baik itu tidur siang yang terlewat atau waktu tidur malam yang larut, anak mungkin justru akan jadi lebih bersemangat dari sebelumnya.

Ketika anak tidak cukup istirahat, tubuhnya merespons dengan membuat lebih banyak kortisol dan adrenalin agar mereka tetap terjaga. Akibatnya, mereka akan memiliki lebih banyak energi.

8. Masalah pendengaran atau penglihatan

Penyebab anak sangat dan tidak bisa diam lainnya mungkin karena ada masalah pendengaran atau penglihatan. 

Memiliki masalah penglihatan, misalnya seperti penglihatan buram, bisa membuat anak tidak fokus melihat suatu objek. Akibatnya, anak jadi mudah cemas dan menenangkan diri dengan banyak bergerak. 

Selain itu, masalah pendengaran seperti telinga bagian dalam yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa membuat anak sangat aktif. Untuk memastikan kondisi-kondisi ini, segera lakukan konsultasi dengan dokter ya, Bunda.

9. Kurang olahraga

Umumnya anak-anak menghabiskan waktu dan energinya untuk melakukan aktivitas fisik. Tanpa olahraga yang cukup, anak mungkin akan kesulitan untuk duduk diam.

Maka dari itu, ajak anak untuk sering aktif secara fisik setiap hari. Bermain di taman bermain, mengendarai sepeda, dan berlari di lapangan misalnya. Kegiatan ini memberi anak kesempatan untuk menyalurkan energinya ke dalam kegiatan produktif.

Demikian ulasan tentang macam-macam faktor penyebab anak sangat aktif dan tidak bisa diam. Apakah Si Kecil tengah mengalaminya juga saat ini?

#Penyebakanak #aktif #tidakbisadiam #sumedang #erksfm #news-erks