Sebagian Calhaj Sumedang Tarik Biaya Pelunasan

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 23 July 2021 - 15:45 WIB

Sebagian Calhaj Sumedang Tarik Biaya Pelunasan

Sebagian Calhaj Sumedang Tarik Biaya Pelunasan — 1 tahun yang lalu


Keberangkatan calon jemaah haji  Indonesia termasuk Kabupaten Sumedang tahun 2021 ditunda, sebagai dampak adanya Covid-19, 

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan keputusan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. Ibadah Haji tahun ini dilakukan secara terbatas untuk domestik Arab Saudi saja.

Maka dengan tertundanya keberangkatan para calon jemaah haji tahun 2021 ada beberapa orang dari calon jemaah haji Sumedang mengambil uang biaya pelunasan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H. Jajang apipudin mengatakan, tahun ini jemaah haji di Sumedang tidak ada yang mengundurkan diri.

“Namun, ada sebagian yang mengambil biaya pelunasan saja dan bukan berarti mengundurkan diri naik haji tahun 2022,” kata Jajang,  Jumat (23/7).

Ia menuturkan, ketika biaya pelunasan diambil, kemudian tahun 2022 ada rencana menjadi naik haji, tinggal bayar pelunasan saja.

“Artinya, ketika jamaah meminta pengembalian pelunasan bukan berarti jamaah tersebut batal hajinya. Yang masuk kategori pembatalan itu jika jamaah mengambil setoran awal, sehingga ketika dia mau berangkat haji lagi harus daftar dari awal lagi,” jelasnya. (*)

#haji #calonhaji #calhaj #sumedang #erksfm #news-erks