Rumah Terbakar, Dua Balita di Sumedang Tewas Berpelukan

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 05 May 2023 - 10:22 WIB

Rumah Terbakar, Dua Balita di Sumedang Tewas Berpelukan

Rumah Terbakar, Dua Balita di Sumedang Tewas Berpelukan — 1 tahun yang lalu


Dua balita bernama Dion (2,5) dan Rehan (3) tewas akibat kebakaran yang menimpa sebuah rumah di Sumedang pada, Kamis (4/5/2023) malam. 

Rumah yang terbakar tepatnya berada di Jalan Raya Bandung-Cirebon atau di Kawasan Cadas Pangeran, Dusun Cilengsar, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.

Informasi yang dihimpun di lokasi, kedua balita yang tewas yakni, Dion (2,5) dan Rehan (3). Sementara ibunya bernama Mela. Mereka tinggal di rumah neneknya bernama Titin (58) yang menjadi lokasi kejadian.

Ibu dan nenek dari kedua balita itu selamat saat kobaran api dengan begitu cepat menguasai seluruh bagian rumah semi permanen yang ditempatinya.

Komandan Regu 1 UPT Damkar Tanjungsari Riki Taufik menuturkan, peristiwa kebakaran itu terjadi pada sekitar pukul 20.30 WIB sebagaimana laporan yang diterima petugas Damkar.

"Jadi awalnya terlebih dulu ditangani oleh mobil Damkar Conggeang yang kebetulan sedang ada di UPT Sumedang kota dan tiba di lokasi sekitar 10 menit usai menerima laporan," ungkap Riki kepada detikJabar, Kamis (4/5/2022) malam.

"Sementara mobil Damkar Tanjungsari sendiri tiba sekitar Pukul 21.13 WIB lantaran saat itu sedang menangani longsor di wilayah Rancakalong," tambahnya.

Saat tiba di lokasi, sambung Riki, api masih berkobar hebat. "Karena rumahnya semi permanen jadi kobaran api cepat merembet dan menguasai bangunan rumah," terangnya.

Riki menuturkan, kedua balita yang tewas ditemukan di bagian ruang kamar tidur. Saat itu, proses pemadaman sendiri masih berlangsung.

"Kedua balita itu posisi saling berpelukan di ruang kamar. Sementara kondisi rumahnya saat itu sudah luluh lantah," paparnya.

Riki menyebut, kedua balita tewas dengan luka bakar disekujur tubuhnya. Kedua jasadnya berhasil dievakuasi dan dimasukan ke dalam satu kantong jenazah.

"Kedua jasad balita itu langsung dilarikan ke RSUD Sumedang dengan mobil ambulans," ujarnya.

Nyala api baru benar-benar dapat dipadamkan pada sekitar pukul 22.45 WIB. Untuk penyebab kebakaran sendiri, dugaan sementara akibat korsleting listrik.

"Awal titik api dari informasi yang kami kumpulkan itu berasal dari ruang kamar di mana korban balita ditemukan dan dugaan sementara kebakaran akibat korsleting listrik," terangnya.

#kebakaran #Sumedang #duabalitatewas #sumedang #erksfm #news-erks