Ratusan OTD Jatigede Geruduk Kantor Setda

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 19 October 2020 - 12:59 WIB

Ratusan OTD Jatigede Geruduk Kantor Setda

Ratusan OTD Jatigede Geruduk Kantor Setda — 2 tahun yang lalu


Forum Komunikasi Orang Terkena Dampak (OTD) waduk Jatigede Kabupaten Sumedang kembali melakukan orasinya kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang pada Senin (19/10/2020).

Bedasarkan pantauan eRKS FM, ratusan Warga OTD Menggunakan berbagai jenis kendaraan mendatangi kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang. Aksi ini diawasi oleh Aparat Kepolisian yang menjaga ketat bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Namun, sudah hampir 2 Jam belum ada satupun dari pihak Pemkab Sumedang yang menemui perwakilan dari Forum Komunikasi OTD Waduk Jatigede tersebut.

Salah satu Orator Forum Komunikasi OTD Waduk Jatigede, Abah Sabren, mengatakan pada aksi hari ini pihaknya hanya mengikuti penyampaian Satuan Kerja di Jatigede dan P2T  Kabupaten Sumedang.

"Jalan lingkar dan elevasi akan diselesaikan, bahkan saya dengar anggarannya sudah ada. Hanya saja yang jadi masalah Satker Jatigede selaku juru bayar. Kenapa Bupati P2T dan Sekda tidak  mau (memberi) tanda tangan?" Keluh Abah Sabren.

"Terminal Wado yang sudah terendam yang sudah masuk elevasi dan banyak rumah tunggu langsung dibayar. Tapi kenapa untuk urusan lainnya belum dibayar, ini ada apa?" tambahnya.

Sewaktu pihaknya berkunjung bersama 5 Kementerian dan BPKP di Jakarta, OTD Waduk Jatigede akan diberikan kompensasi sebelum penggenangan dimulai, namun kenyataannya penggenangan sudah mulai berjalan dan masih ada pihak yang belum menerima kompensasi.

"Sewaktu kami datang ke Pemerintah Provinsi dan menanyakan hal ini, katanya anggaran yang sudah disiapkan digunakan untuk PON. Sekarang anggarannya mau dialihkan untuk apa lagi? Apakah untuk Covid-19?" ujarnya makin berapi-api.

Terakhir, Abah Sabren juga mempertanyakan di mana dan ke mana anggaran untuk OTD Waduk Jatigede tersebut.

"Semua yang sudah disampaikan saat itu (saat pertemuan di Jakarta) semuanya belum terbayar, saya perkirakan totalnya hampir 30 Miliar. Saya sendiri juga tidak tahu di mana kira-kira macetnya," pungkasnya.

#jatigede #otd #abah-sabren #wado #bpkp #bupati #demo #sumedang